Jalan Gelap dan Berisiko, Pemudik Motor Dikawal Polisi di Lampung

Jalan Gelap dan Berisiko, Pemudik Motor Dikawal Polisi di Lampung
Sumber :
  • Antara

Bandarlampung –  Demi menjaga keselamatan, para pemudik pengguna sepeda motor yang tiba di Pelabuhan Panjang Lampung mendapat pengawalan khusus dari kepolisian dalam melaksanakan perjalanan di periode mudik Lebaran 2024.

Kasus Mayat Bayi di Tanah Abang, Kedua Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

"Sesuai perintah dari Kapolda Lampung serta Kapolres Kota Bandarlampung, kami diminta untuk mengamankan jalur yang dilalui pemudik sekaligus melakukan pengawalan," ujar Kepala Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Panjang AKP Yudhianto di Bandarlampung, Minggu 7 April 2024.

Ia mengatakan pada Sabtu dini hari pihak kepolisian pun telah melakukan pengawalan bagi pemudik sepeda motor yang baru saja turun dari Kapal Motor (KM) Panorama di Pelabuhan Panjang dari Pelabuhan Ciwandan.

Mobil Dinas Polri Tabrak Lari Pemotor di Depok, Polisi: Oknum Diperiksa Satlantas

"Di Pelabuhan Panjang hari ini kami melakukan pengawalan bagi pemudik sepeda motor sampai di masing-masing persimpangan daerah tujuan pemudik. Kami pun telah berkoordinasi dengan pihak lain untuk melakukan pengawalan," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya telah menyiapkan dua unit mobil patroli polisi untuk melakukan pengawalan dengan dua tujuan, yakni satu mobil ke arah Kabupaten Lampung Tengah dan Lampung Utara, sedangkan satu mobil menuju Kabupaten Lampung Selatan.

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

"Pengawalan ini dilakukan bergantian atau secara estafet di setiap perbatasan nanti bergantian yang mengawal karena ini kondisi masih gelap. Sudah disiapkan dua mobil untuk pengawalan satu ke arah Lampung Selatan satu lagi ke Lampung Tengah dan Kotabumi Lampung Utara," ucap dia.

Menurut dia, dimungkinkan bila pemudik pengguna kendaraan roda dua di Pelabuhan Panjang berjumlah lebih banyak, maka kepolisian pun akan menambah jumlah mobil patroli serta petugas pengawalan.

"Karena sebelumnya kami sudah dapat informasi manifest kapal maka sementara disediakan dua unit mobil patroli. Tetapi kalau pemudik sepeda motor lebih banyak maka akan diturunkan lagi kami menyesuaikan dengan jumlah yang dikawal," tambahnya.

Tanggapan atas adanya pengawalan serta layanan penyeberangan di Pelabuhan Panjang pada periode angkutan Lebaran 2024 dikatakan oleh salah seorang pemudik asal Kabupaten Pesawaran Martin.

"Tujuan saya ke Kabupaten Pesawaran dari Jawa Barat. Tadi naik kapal sekitar pukul 19.30 WIB dan sampai di Pelabuhan Panjang pukul 03.15 WIB, sepanjang perjalanan tadi terutama di Cikupa padat tapi saat di pelabuhan masih lancar," ujar Martin.

Ia pun merasa bersyukur dengan adanya pelayanan pengawalan bagi pemudik sepeda motor oleh kepolisian dan pihak terkait, sebab saat waktu bersandar kapal kondisi jalan masih gelap sehingga cukup berisiko bagi pengemudi kendaraan roda dua melakukan perjalanan.

"Memang pelayanannya saat ini sudah baik, kami diberi pengawalan di jalan sampai perbatasan, lalu saat di kapal diarahkan dengan baik jadi mudik lebih aman dan nyaman. Harapannya ke depan makin baik lagi untuk pelayanan bagi pemudik," ucap dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya