Gaji TNI di Pulau Terluar Naik 150 Persen

Marinir patroli di Pulau Nipah, pulau terluar berbatasan dengan Singapura.
Sumber :
  • Antara/ Feri

VIVAnews - Pemerintah akhirnya menaikkan tunjangan operasi pengamanan prajurit TNI yang bertugas di pulau kecil terluar. Kenaikan yang diberikan sampai 150 persen dari gaji pokok prajurit.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dalam jumpa pers Peraturan Presiden Nomor 49 tahun 2010 dan Peraturan Menhan Nomor 10 tahun 2010, tentang Tunjangan Operasi Pengamanan bagi Prajurit TNI dan PNS yang bertugas di pulau kecil terluar.

Purnomo menyampaikan itu di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat 13 Agustus 2010, yang didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, Wakil Ketua Komisi I DPR Hayono Isman, dan Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa.

"Dinaikkan juga tunjangan operasi pengamanan. Kisarannya tergantung wilayah penempatan. Sebesar 150 persen dari gaji pokok bagi yang bertugas dan tinggal di wilayah pulau pulau terkecil, terluar, tanpa penduduk," kata Purnomo.

Kenaikan 100 persen dari gaji pokok diberikan bagi prajurit yang bertugas dan tinggal di wilayah pulau-pulau kecil dan terluar berpenduduk.

"Kenaikan 75 persen bagi prajurit yang bertugas untuk wilayah perbatasan. Terakhir, kenaikan 50 persen untuk yang bertugas sesaat di wilayah udara dan laut perbatasan, dan pulaup-pulau kecil terluar," tegas Purnomo.

Kementerian Pertahanan juga bekerjasama dengan Kementerian Perumahan Rakyat untuk pembangunan rumah dinas bagi prajurit. Purnomo melanjutkan, melalui Peraturan Menteri Pertahanan itu juga ditetapkan pulau-pulau kecil terluar yang menjadi prioritas.

Sebanyak 12 pulau yang ditetapkan itu yakni: Pulau Rondo (Aceh), Pulau Berhala (Sumut), Pulau Nipah (Kepri), Pulau Dana Rote (NTT), Pulau Fani (Papua Barat), Pulau Fanildo (Maluku Utara), Pulau Sekatung (Kepri), Pulau Miangas (Sulut), Pulau Marore (Sulteng), Pulau Marampit (Sulut), Pulau Batek (NTT), dan Pulau Bras (Papua).

Dalam kesempatan ini, Purnomo juga menegaskan bahwa uang lauk pauk prajurit TNI sudah dinaikkan. Dari yang tadinya Rp 35.000 menjadi Rp 40.000. "Kami sedang merampungkan penyelesaian tunjangan kinerja bagi seluruh anggota TNI dan PNS, sebagaimana sering disebut dengan istilah renumerasi," kata dia.

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23, Irak Paksa Vietnam Angkat Kaki
Meisya Siregar dan Bebi Romeo.

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Pasangan Meisya Siregar dan Bebi Romeo akhirnya bisa melunasi utang kredit pemilikan rumah (KPR). Setelah sekian lama menyicil rumah yang dihuni, kini bisa bernapas lega.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024