Kemenag Raih Penghargaan Digital Government untuk Peningkatan SPBE Signifikan

Kemenag Raih Digital Government Award Kategori Instansi dengan Peningkatan SPBE
Sumber :
  • Istimewa

JAKARTA -  Kementerian Agama (Kemenag) menerima penghargaan Digital Government Award dari Presiden Joko Widodo hari ini dalam kategori Instansi dengan Peningkatan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang Signifikan. Penghargaan ini diberikan dalam acara SPBE Summit 2024 dan peluncuran GovTech Indonesia di Istana Negara pada Senin, 27 Mei 2024.

Timwas DPR RI Segera Bentuk Pansus Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2024

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju termasuk Menag Yaqut Cholil Qoumas, pemimpin lembaga negara, serta pimpinan daerah yang berpartisipasi secara daring dan luring.

Kemenag Raih Digital Government Award Kategori Instansi dengan Peningkatan SPBE

Photo :
  • Istimewa
Kemenag: 553 Kloter Jemaah Haji Indonesia Tiba di Arafah Sesuai Jadwal

Sebanyak 65 instansi pusat dan daerah menerima Digital Government Award 2024. Penghargaan ini dibagi dalam enam kategori berdasarkan tingkat kematangan penerapan SPBE, yaitu: a) Indeks SPBE Tertinggi untuk Kategori Kementerian; b) Indeks SPBE Tertinggi untuk Kategori LPNK, LNS, dan Instansi lainnya; c) Indeks SPBE Tertinggi untuk Kategori Pemerintah Provinsi; d) Indeks SPBE Tertinggi untuk Kategori Pemerintah Kota; e) Indeks SPBE Tertinggi untuk Kategori Pemerintah Kabupaten; dan f) Instansi dengan Peningkatan SPBE yang Signifikan.

Penilaian penghargaan ini didasarkan pada pemantauan dan evaluasi SPBE yang melibatkan 30 perguruan tinggi dengan 47 indikator yang ketat untuk memastikan penilaian yang objektif, profesional, dan independen. Penilaian akhir dilakukan oleh Tim Koordinasi SPBE Nasional yang terdiri dari Kemendagri, Kemenkeu, Kemenkominfo, Kementerian PPN Bappenas, BSSN, dan BRIN, yang dikoordinasikan oleh KemenPAN dan RB.

Jokowi Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online, Dipimpin Menkopolhukam

Kemenag Raih Digital Government Award Kategori Instansi dengan Peningkatan SPBE

Photo :
  • Istimewa

“Tahun 2023, Kementerian Agama mengalami peningkatan indeks SPBE yang sangat signfikan. Peningkatan indeks SPBE Kementerian Agama bahkan yang paling tinggi naiknya, mencapai 1,32 point. Indeks SPBE Kemenag tahun 2023 sebesar 3,58 point, naik signifikan dari kategori cukup menjadi sangat baik,” sebut Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie, di Jakarta.

“Tahun ini kita akan terus berusaha agar indeks SPBE Kementerian Agama bisa kembali melompat dari sangat baik menjadi memuaskan,” sambungnya.

Peningkatan indeks SPBE ini, lanjut Anna, menjadi cerminan sekaligus buah dari komitmen kuat Menteri Agama dalam memimpin Kementerian Agama. Menurutnya, sejak awal memimpin kementerian dengan satuan kerja terbesar di Indonesia, bahkan mungkin dunia, Menag Yaqut menjadikan transformasi digital menjadi program prioritas.

“Kemenag di bawah kepemimpinan Gus Men, menghadirkan Pusaka Superapps yang terus dikembangkan untuk mengitegrasikan seluruh aplikasi layanan yang ada di Kementerian Agama. Ini sudah berjalan sejak November 2022,” jelas Anna.

“Atas komitmen dan langkah nyata Gus Men, salah satu media nasional pada September 2023 memberikan penghargaan kepada Menag sebagai Tokoh Transformasi Digital Pelayanan Keagamaan,” sambungnya.

Anna memastikan proses peningkatan layanan SPBE di Kementerian Agama akan terus berlangsung. Hal ini sejalan dengan pesan Presiden Joko Widodo saat membuka SPBE Summit 2024 bahwa kehadiran birokrasi harus melayani, bukan mempersulit atau malah memperlambat. Sehingga yang menjadi tolok ukur adalah kepuasan masyarakat, manfaat yang diterima masyarakat, kemudahan urusan masyarakat.

“Kita akan terus benahi dan tingkatkan layanan SPBE Kementerian Agama. Beragam aplikasi yang selama ini ada terus kita integrasikan agar lebih sederhana dan memudahkan masyarakat. Kepuasan masyarakat menjadi perhatian Kemenag dalam peningkatan kualitas layanan ke depan,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya