Petinggi Kejagung Dilaporkan ke KPK

Gedung Merah-Putih KPK
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

Jakarta – Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus atau Jampidsus Kejaksaan Agung, Febrie Ardiansyah, dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pihak yang melaporkan adalah kelompok masyarakat yang mengatasnamakan Koalisi Sipil Selamatkan Tambang (KSST). Pelaporan atas dugaan korupsi. Laporan tersebut dilakukan Koordinator KSST, Ronald Loblobly. 

Sepakat dengan Eks Wakapolri, Ray Rangkuti Sebut KPK Lecehkan Sekjen PDIP Hasto

"Terlapornya Jampidsus. Kemudian penilai aset siapa PPA Kejaksaan Agung (Kejagung) juga, kemudian dari DJKN Direktorat Jenderal Kekayaan Negara," kata Ronald di kantor KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, 27 Mei 2024.  

Jelas Ronal, dugaan korupsi ini bermula dari adanya lelang aset tambang di PT Gunung Bara Utama.

Eks Penyidik Bilang TWK Era Firli Bahuri Gagalkan Penangkapan Harun Masiku, KPK Merespons

“Melaporkan aduan masyarakat bahwa ada indikasi dugaan korupsi yang dilakukan terhadap lelang aset tambang PT Gunung Bara Utama," kata Ronald.

Ronald mengklaim bahwa kerugian negara dalam kasus ini mencapai triliunan rupiah. Dia mengaku telah menyerahkan berkas dan fakta-fakta yang telah dimiliki pihaknya ke KPK. 

Penyitaan Barang Milik Hasto dan Stafnya Dinilai Salahi Prosedur, Penyidik KPK Disebut Ugal-ugalan

"Jadi kerugiannya itu kami taksir senilai Rp 11 triliun, tapi dilelang hanya kemudian Rp 1,9 triliun, indikasi kerugian Rp 9 triliun," imbuhnya.

Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Telah Lapor LHKPN, Intip Isi Garasi Mewah Menteri AHY Senilai Rp 6,9 Miliar

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah laporkan harta kekayaannya. Menarik lihat isi garasi Rp6,9 miliar.

img_title
VIVA.co.id
17 Juni 2024