Masjid Tahan Gempa Diresmikan di Padang

Nyekar ke Pusara Achmad Bakrie : Anindya Bakrie
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Keluarga besar Bakrie meresmikan sebuah masjid dan satu gedung sekolah tahan gempa di Padang, Sumatera Barat. Sarana tempat ibadah dan lembaga pendidikan itu runtuh setelah diguncang gempa pada 30 September 2009 silam.

Dua bangunan yang diresmikan Rabu 9 Februari 2011 yakni Masjid Asra al-Bakrie di Kelurahan Olo Ladang, Kota Padang, dan SDN 03 Batang Anai, di Kabupaten Padang Pariaman.

Keluarga besar Bakrie beserta perusahaan-perusahaan di bawah naungan Kelompok Usaha Bakrie membangun kembali hingga dua bangunan itu dapat digunakan lagi. Peresmian yang dipusatkan di Masjid Asra al-Bakrie itu dilakukan H Anindya Novyan Bakrie, mewakili pihak keluarga.

Dihadiri Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wali Kota Padang Fauzi Bahar, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Wakil Ketua Gerakan Bakrie Untuk Negeri Hisyam Sulaiman, Ketua MUI Sumatera Barat, Ketua KPID dan Ketua ANTV Peduli H Azkarmin Zaini.

Anindya mengatakan, Masjid Asra al-Bakrie dan SDN 03 Batang Anai dibangun dengan struktur bangunan yang tahan gempa. Selain itu, juga menggunakan komponen-komponen bangunan dengan bahan-bahan tahan gempa.

"Fondasi masjidnya menggunakan fondasi cakar ayam yang ditanam dengan kedalaman 8 meter. Insya Allah bangunan ini tahan gempa, dan diperkirakan, menurut hitungan manusia, tahan sampai 200 tahun ke depan," kata Anindya, yang juga Ketua Gerakan Bakrie Untuk Negeri, usai peresmian.

Pembangunan masjid dan sekolah yang dilaksanakan kontraktor dari Yayasan Dompet Dhuafa dengan pengawas PT Bakrieland Development itu, masing-masing menghabiskan dana Rp2,5 miliar dan Rp2,6 miliar.

Masjid berlantai dua dengan luas tanah 592 meter persegi dan luas bangunan 512 meter persegi itu dapat menampung 500 jamaah. Dilengkapi fasilitas ruang perpustakan, ruang komputer, mimbat imam, peralatan sistem suara, genset, dan pengisap debu.

Sedangkan gedung sekolah,  dibangun ANTV Peduli yang berasal dari sumbangan pemirsa ANTV termasuk dari Bakrie Telecom sebagai hasil penjualan produk Hape Esia Slank. Gedung ini dibangun di atas tanah seluas 2.500 meter persegi. Dilengkapi sarana dan prasarana sekolah untuk menunjang proses belajar-mengajar.

Sebelas ruangan di sekolah itu terdiri dari enam ruang kelas, satu ruang unit kesehatan sekolah, satu ruang laboratorium, satu ruang musolla, halaman sekolah yang juga berfungsi sebagai lapangan bulutangkis, dan satu rumah dinas guru dengan dua kamar dan perabotan lainnya.

Pembangunan sekolah tersebut selesai sejak tahun ajaran bari 12 juli 2010, dan sudah langsung dimanfaatkan untuk kegiatan belajar-mengajar oleh 204 siswa/siswi.

Anindya secara khusus mengucapkan terima kasih kepada pengurus Masjid yang telah setuju-mufakat menambahkan nama masjid, dari semula Masjid Asra menjadi Masjid Asra a- Bakrie. "Dengan demikian, Masjid Asra Al Bakrie memiliki 'saudara kembar', yakni Masjid Asra al-Bakrie yang terletak di kawasan Taman Rasuna Kuningan, Jakarta Selatan," katanya.

"Ini (nama Masjid Asra al-Bakrie) merupakan penghormatan bagi kami, keluarga besar Bakrie. Insya Allah, pengurus Masjid Al Bakrie Jakarta yang ikut hadir dalam acara peresmian ini dapat berbagi pengalaman tentang pengelolaan masjid dengan pengurus Masjid Asra Al Bakrie," imbuh Anindya.

Gubernur Sumatera Barat, Irawan Prayitno, mengaku sangat berterima kasih kepada keluarga Bakrie karena telah membantu masyarakat setempat yang pernah menjadi korban bencana alam gempa bumi. "Ini adalah infaq keluarga Bakrie. Di tengah dunia yang materialistis, masih ada orang yang peduli."

Tak hanya itu. Gubernur juga secara khusus mengundang Kelompok Usaha Bakrie untuk berinvestasi di Provinsi Sumatera Barat. "Kami mengundang keluarga Bakrie, tidak hanya untu ber-infaq, tetapi juga berinvestasi. Di sini (Sumatera Barat) ada, di antaranya, gas bumi, minyak, batu bara, mini hidro, dan lain-lain," ucapnya. (sj)

Laporan: M Arief Hidayat

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan
Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024