Jepang Absen di Forum Penanggulangan Bencana?

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Keichi Nakane

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono akan membuka ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF  DiREx) di Manado, Sulawesi Utara pada tanggal  14 - 19 Maret 2011.

Dalam forum latihan penanggulangan bencana se-ASEAN yang akan diikuti oleh 20 negara, - dari  27 negara yang semula berniat hadir - Wapres Boediono akan memantau langsung simulasi penanganan bencana yang melibatkan 3.500 orang dalam ARF DiREx 2011. Indonesia dan Jepang merupakan Ketua Bersama dalam kegiatan ini. Namun belum diketahui apakah bencana gempa dan tsunami di Negeri Sakura membuat tim Matahari Terbit absen di Manado.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional Syamsul Maarif menyatakan, Indonesia sebagai tuan rumah harus menunjukkan kemampuan dalam acara kegiatan yang melibatkan banyak negara ini.

“Kita harus menunjukkan kemampuan,” ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Syamsul Maarif, Manado, Senin.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Dia juga menuturkan, kegiatan ARF DiREx memberikan gambaran bahwa sinergi dibutuhkan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat hingga dunia internasional dalam mempersiapkan diri menghadapi bencana.

Syamsul memaparkan, tujuan utama penyelenggaraan acara ini adalah menghasilkan penanganan bencana yang terkoordinasi. Tidak hanya itu, latihan ini juga diharapkan mampu menghasilkan aturan penanganan bencana yang bisa diaplikasikan dalam masyarakatketika bencana terjadi.

"Masalah  keamanan yang paling menonjol adalah ancaman keamanan internal, yaitu bencana alam," katanya.

Latihan kesiapsiagaan bencana ini menjadi bentuk kehadiran negara untuk mampu mengurangi jumlah korban dan kerugian jika bencana  terjadi.

Bagi Indonesia, ARF DiREx ini berdampak pada dimensi kepentingan nasional dan sekaligus regional ataupun internasional. Pada tataran nasional, latihan dapat dimanfaatkan  untuk menguji atau menyiapkan sistem  kesiapan dan mekanisme nasional penanganan suatu bencana yang melibatkan bantuan asing.

Sedangkan pada tataran regional adalah untuk merekomendasikan dan masukan strategis bagi kerjasama ARF dan ASEAN dalam penanggulangan bencana di kawasan.

Kegiatan ARF DiREx ini nantinya akan dibagi menjadi dua kegiatan yaitu, kegiatan pelatihan di dalam  ruangan dan pelatihan langsung di luar ruangan.

Kegiatan difokuskan pada beberapa aktivitas, diantaranya koordinasi di posko penanggulangan bencana, kemampuan kegiatan SAR, evakuasi dan identifikasi korban, perawatan medis dan relokasi para korban dan mekanisme pendistribusian bantuan  sosial.

Lokasi pelatihan di lapangan akan diselenggarakan di pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage,  Pesisir desa Masing, Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa, Bandara Samratulangi, dan Pelabuhan  Bitung.

Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024