BIN Pantau Twitter-Facebook 'Subversif'

Logo Twitter
Sumber :
  • dailybeats.de

VIVAnews - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol. (purn) Sutanto, menyatakan akan mengawasi kegiatan di jejaring sosial semacam Twitter atau Facebook yang dianggap membahayakan.

"Yang membahayakan tentu kami pantau. Yang arahnya teror dan subversif tentu kami pantau. Datanya kami serahkan ke Menkominfo. Biar Menkominfo yang menentukan langkahnya," kata Sutanto usai rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Jakarta, Selasa, 22 Maret 2011.

Sutanto menambahkan, BIN hanyalah lembaga yang membantu memberikan informasi atau peringatan dini. Langkah selanjutnya atas informasi itu diserahkan kepada instansi yang bersangkutan.

"Kami memberikan peringatan dini terhadap instansi terkait. Kami memperkuat supaya departemen terkait bisa berfungsi lebih kuat," kata mantan Kapolri itu.

Oleh karena itu, menurutnya tidak tertutup kemungkinan jejaring sosial juga akan diawasi apabila diyakini telah dimanfaatkan kelompok-kelompok tertentu ke arah yang membahayakan negara. "Jejaring sosial itu untuk komunikasi masyarakat. Kalau dimanfaatkan oleh pihak tertentu, akan kami pantau," dia memperingatkan.

Sebelumnya, terkait tugas BIN, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar mengatakan perlu ada payung hukum bagi intelijen dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya. Dengan aturan itu, tambah dia, kewenangan BIN untuk melakukan koordinasi intelijen menjadi jelas. "Juga sekaligus untuk menghilangkan kekhawatiran orang akan terjadinya suatu tindakan intelijen yang sewenang-wenang sehingga bisa melanggar HAM," ujar Patrialis sebelum rapat kerja yang sama. (umi)

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%
Tim Jakarta LavAni Allo Bank Electric di Proliga 2024

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

Juara bertahan Proliga, Jakarta LavAni Allobank Electric memetik kemenangan perdana pada laga pembuka PLN Mobile Proliga 2024 dengan menekuk Jakarta Garuda Jaya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024