Awas Penumpang Gelap di Pemulangan TKI

Beberapa TKI terlantar di kolong jembatan Kandara, Jeddah, Arab Saudi
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Pemerintah telah memulangkan lima kloter TKI bermasalah dan Warga Negara Indonesia yang overstay di Arab Saudi. Untuk pemulangan kloter berikutnya, pemerintah akan melakukan seleksi ketat.

"Banyak penumpang gelap," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, di Kantor Presiden, Kamis 24 Maret 2011

Muhaimin menambahkan, penumpang gelap yang dimaksud, adalah warga negara yang bukan TKI gelap ataupun mereka yang overstay di Arab Saudi. "Ada yang mampu tapi cari gratisan," kata Cak Imin.

KBRI, kata Muhaimin, terus bekerja keras agar tidak lagi telantar. Kloter keenam ini, selain melakukan seleksi ketat, pemulangan TKI diutamakan bagi perempuan dan mereka yang tidak memiliki biaya untuk pulang ke tanah air.

Ketika membuka rapat kabinet paripurna, Presiden juga sempat menyinggung soal pemulangan TKI. Dia mengatakan, pemulangan TKI berbeda dengan evakuasi warga negara Indonesia dari daerah konflik.  "Oleh karena itu kebijakannya harus tepat, jangan sampai menimbulkan moral hazard," kata Presiden. (adi)

Polisi Ungkap Kejadian Saat Suami Tawarkan Potongan Tubuh Mutilasi Istrinya ke Warga di Ciamis
Ilustrasi Pembunuhan

FOKUS: Ciamis Berdarah

Warga Ciamis Jawa Barat dibuat geger adanya kasus mutilasi yang dilakukan seorang suami kepada istrinya, Jumat 3 Mei 2024. Kasus ini pun menarik perhatian publik.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024