Ilham Bintang: Rosihan Anwar Itu Jagoan Betul

Tokoh pers Rosihan Anwar & BJ Habibie dalam seminar 25 November 2008
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Ilham Bintang, Sekretaris Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia, secara pribadi merasa sangat kehilangan dengan meninggalnya jurnalis senior Rosihan Anwar. Selaku bos tabloid Cek & Ricek, Ilham Bintang juga kehilangan satu kolumnisnya.

"Bapak ini jagoan betul," kata Ilham Bintang mengutip pesan singkat anak Rosihan Anwar beberapa hari lalu. "Ketika terbaring di rumah sakit, siuman setelah dioperasi jantung, dia (Rosihan) minta kacamata," kata Ilham saat dihubungi VIVAnews, Kamis 14 April 2011.

Setelah memasang kacamatanya, Rosihan yang dilahirkan di Solok, Sumatera Barat, 10 Mei 1922 itu, meminta anaknya mengambilkan tabloid Cek & Ricek terbaru. "Rupanya dia ingin membacanya," kata Ilham. "Beliau itu salah satu kolumnis di Cek & Ricek."

Secara pribadi, Ilham mengaku sudah mengidolakan Rosihan sejak masih belia. Perkenalan secara pribadi baru terjalin ketika Ilham mengikuti Karya Latihan Wartawan di PWI. "Pak Rosihan itu Direkturnya," kata Ilham. "Sejak itu, saya menganggap beliau seperti bapak sendiri, sementara beliau menganggap saya seperti rekannya. Seumur hidup saya, tak ada wartawan lain sehebat beliau yang pernah saya temui."

Dan momen terakhir Ilham bertemu Rosihan pada awal April lalu, setelah Rosihan menjalani operasi by pass jantung di Rumah Sakit Harapan Kita. Saat bertemu itu, Rosihan meminta Ilham berfoto bersama.

"Saya sungguh merasa tak enak hati saat itu. Dalam hati saya berpikir ini waktunya sudah dekat," kata Ilham. Dan mereka pun berfoto bersama.

Setelah beberapa minggu dirawat setelah operasi, 13 April kemarin, Rosihan pulang ke rumahnya di Menteng, Jakarta Pusat. Kamis pagi ini, Rosihan sempat sarapan namun tiba-tiba mengeluhkan dadanya sakit. Rosihan dilarikan ke RS Metro Medical Center (MMC) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta.

"Di rumah sakit, dokter yang memeriksa menyatakan Rosihan sudah berpulang," kata Ilham.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua
Menu di restoran Markette.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Dalam dunia kuliner, gourmet adalah tentang memanjakan lidah dengan keunikan rasa. Gourmet merupakan makanan yang disiapkan dan dihidangkan dengan tingkat keahlian tinggi

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024