Temuan Bom Jelang Paskah, Indonesia Siaga I

Menko Polhukam Djoko Suyanto
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Serentetan teror bom yang berdekatan dengan perayaan Paskah membuat pemerintah meningkatkan status keamanan. Setelah mengadakan rapat terbatas bidang keamanan, status siaga I diberlakukan di Indonesia.

"Presiden memerintahkan kepada seluruh aparat yang terlibat melakukan pengaman di seluruh Indonesia," kata Menteri Kordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 21 April 2011.

"TNI dan Polri tadi pagi sudah siaga I di tempat-tempat yang telah ditentukan. Khususnya nanti malam, besok pagi, sampai lusa menyongsong hari raya Paskah."

Aparat pun akan disiagakan di tempat-tempat ibadah dan tempat umum lainnya. "Tempat kegiatan umat, tempat keramaian, tempat wisata, kedutaan, dan lain sebagainya," kata dia.

Pemerintah pun meminta peningkatan kewaspadaan para intelijen negara. "Peningkatan kewaspadaan danĀ  intensif aparat intelijen seperti yang diamanatkan di Bogor menjadi penekanan presiden," kata Djoko.

"Harus terpadu aparat intelijen di daerah, aparat pemerintah daerah, kelompok masyarakat, tokoh agama, masyarakat, komunitas lain, dan media massa bersatu padu melakukan deteksi dini untuk mengungkap tindakan-tindakan teror seperti itu."

Tak hanya itu, tambah Djoko, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga memberi instruksi kepada semua kepala daerah untuk mengkoordinasi dan terlibat langsung dalam setiap pengamanan dan pencegahan terhadap tindakan-tindakan seperti ini. "Social awareness harus dibangkitkan. Tidak hanya pemerintah, tetapi seluruh komponen masyarakat." (sj)

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024