Hakim Tolak Eksepsi, Arga Gemetar

Arga Tirta Kirana (berkerudung) didampingi kuasa hukumnya
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menolak eksepsi yang diajukan Arga Tirta Kirana, terdakwa kasus penjualan aset Bank Century. Majelis pun memerintahkan jaksa untuk melanjutkan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.

"Menyatakan eksepsi terdakwa ditolak karena surat dakwaan dari jaksa telah memenuhi ketentuan," kata Ketua Majelis Hakim, Marsudin Nainggolan, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa 10 Mei 2011.

Menurut Majelis, surat dakwaan dapat diterima serta sah menurut hukum dan dapat dijadikan dasar pemeriksaan perkara. "Jaksa penuntut umum dapat melanjutkan pemeriksaan," ujarnya. Majelis pun menunda persidangan hingga Kamis 19 Mei 2011 dengan agenda pemeriksaan saksi.

Menanggapi putusan majelis itu, Arga mengaku trauma. "Ini kan sesuatu hal yang tidak mengenakan buat saya. Dari jalan untuk menghadiri sidang saya sudah gemetar," kata Arga.

Dalam perkara ini, jaksa penuntut umum menjerat Arga bersama Kepala Cabang Bank Century Senayan, Linda Wangsa Dinata, Wakil Dirut Bank Century Hamidi, serta seorang karyawan Bank Century dengan tiga dakwaan alternatif.

Menurut Jaksa, keempat terdakwa, bersama Robert Tantular, Hermanus Hasan Muslim dan Toto Kuntjoro telah membuat laporan fiktif transaksi penjualan 44 unit kavling tanah, yang merupakan Agunan Yang Diambil Alih atau AYDA milik Bank Century melalui PT Tirtamas Nusa Raya. Tirtamas merupakan pengelola AYDA dengan mengucurkan kredit tanpa bunga.

"Bahwa adanya laporan fiktif transaksi itu mengakibatkan PT Bank Century mengalami kerugian sebesar Rp75.064.000.000," kata Jaksa Penuntut Umum, Y Darmaputra.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional
Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024