SBY Tagih Penjelasan Kecelakaan Merpati

Serpihan pesawat Merpati MA 60 yang jatuh ke laut di Kaimana, Papua Barat.
Sumber :
  • AP Photo/Jafar Werfete

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menagih penjelasan dari kementerian terkait soal kronologis jatuhnya pesawat Xian MA60 milik Merpati yang jatuh di Teluk Kaimana, Papua Barat, Sabtu 7 Mei 2011.

"Kita ingin mendapat laporan dan penjelasan terkait jatuhnya pesawat MA60 menyangkut proses dan hasil investigasi hingga akhir," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Kantor Presiden, Kamis 12 Mei 2011.

Tak ketinggalan, adalah soal pengadaan pesawat buatan China itu yang kini jadi kontroversi. Penjelasan dibutuhkan dari menteri terkait di Kabinet Indonesia Bersatu 1, untuk diberikan kepada menteri yang baru menjabat di KIB II. Nantinya, informasi itu akan diteruskan ke masyarakat. "Ini penting supaya supaya masyarakat mengerti," jelas SBY.

Siapa yang harus menjelaskan? Yudhoyono menyebut di antaranya adalah Menteri BUMN sebelumnya, Sofyan Djalil. Juga menteri perhubungan saat itu.  "Tentang regulasi dan perijinan pesawat ini," kata SBY. Juga Direktur Utama Merpati. Presiden meminta penjelasan yang gamblang. "Tidak perlu saling menuding, saling menyalahkan," ujarnya.

Selain itu, Presiden juga meminta langkah pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan serupa. Termasuk, kata Yudhoyono,  inspeksi terhadap pesawat jenis yang sama dimiliki Merpati. "Juga santunan asuransi baik kepada para penumpang maupun para kru pesawat," kata dia.

Kecelakaan pesawat Merpati tipe MA60 terjadi pada Sabtu, pukul 14.05 WIT di perairan Kaimana, 500 meter dari sisi runway Bandar Udara Kaimana. Dari data yang dimiliki Kementerian Perhubungan pesawat membawa 25 penumpang termasuk awak pesawat.

Pesawat yang dipiloti Capt. Purwadi Wahyu, didampingi co-pilot, dua pramugari dan dua mekanik itu, sempat berputar-putar sebelum memutuskan turun, dan akhirnya jatuh.(np)

Top Trending: Jerome Polin Jadi Sasaran Netizen hingga Imam Masjidil Haram Cari Kuliner Indomie
Truk diesel

Ini Dia Keunggulan Truk Listrik MAB Dibandingkan Truk Diesel yang Perlu Diketahui

Keunggulan dari truk listrik buatan MAB dibanding truk diesel, terdapat pada rolling chassis yang memiliki berat maksimal 8.000 kilogram dan bobot kosong 4.000 kilogram.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024