Tiga Aksi Brutal yang Menewaskan Polisi

Hut Bhayangkara Polri
Sumber :
  • Antara/Ahmad Subaidi

VIVAnews - Dua personel polisi tewas seketika saat empat orang tak dikenal melepaskan tembakan di depan Bank Central Asia, Jalan Emi Saelan, Palu, Sulawesi Tengah. Kejadian ini menambah deret kekerasan yang diarahkan pada aparat polisi.

Dalam kejadian Rabu 25 Mei 2011 itu, aparat yang tewas adalah Bripda Irbar dan Bripda Yudistira, sementara satu anggota lainnya, Bripda Dedy Edwar terluka parah. Meski lokasi penembakan di bank, namun komplotan tersebut tak merampok bank.

Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

Setelah beraksi, komplotan tersebut langsung kabur menggunakan motor.

Kapolda Palu, Brigadir Jenderal Dewa Made Parsana mengatakan bahwa polisi sedang melakukan penyelidikan, termasuk memeriksa sejumlah saksi. Polda Palu juga berkoordinasi dengan Mabes Polri, termasuk pasukan yang biasa menangani kasus terorisme, Datasemen Khusus 88.

Bukan kali ini saja polisi jadi sasaran teror dan kekerasan. Berikut sejumlah kasus yang menyasar aparat kepolisian, selain kasus penembakan di Palu:

- Bom bunuh diri di Mapolserta Cirebon
Sebuah bom yang dibawa seorang jamaah salat jumat meledak di masjid Adz Dzikra, Mapolresta Cirebon, Jawa Barat, pada 15 April lalu. Jamaah yang mayoritas anggota kepolisian seketika itu panik. Sekitar 30 orang terluka dalam insiden ini, termasuk Kapolresta Cirebon Ajun Komisaris Besar Polisi Herukoco mengalami luka dengan 50 material bom menancap di punggungnya.

Sementara tersangka pelaku yang kemudian diketahui bernama M Syarif tewas dengan perut hancur. Dari pengembangan kasus ini, kepolisian menemukan benang merah jaringan teroris Cirebon dengan pelaku teror bom di sejumlah tempat, termasuk Jakarta, Sukoharjo (Jawa Tengah), Klaten (Jawa Tengah), dan sebagainya.

- Serangan ke Polsek Hamparan Perak

Kondisi Markas Polsek Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara, hancur berantakan pasca-penyerangan sekitar 15 orang bertopeng 22 September 2010 sekitar pukul satu dini. Tiga aparat polisi yang sedang berjaga tewas.

Setelah melakukan pengusutan, polisi menemukan kasus penyerangan ini terkait dengan perampokan CIMB Niaga Medan dan terorisme. Dalam insiden perampokan CIMB pada 18 Agustus 2010, satu anggota Brimob, Briptu Imanuel Simanjuntak tewas.

- Bom sepeda Kalimalang
AH, pelaku peledakan bom di dekat Pos Polisi Sumber Arta, Bekasi, diduga berusaha meledakkan bom terhadap sejumlah personel polisi yang sedang berjaga.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Mengandalkan sepeda dan bom berdaya ledak tinggi, AH mencoba meneror petugas polisi yang sedang sibuk mengatur lalulintas. Namun, bom diduga terlebih dulu meledak sebelum mengenai salah satu personel tersebut.

Kebetulan personel polisi terdekat dari ledakan bom itu adalah Kepala Unit Patroli Pospol Sumber Arta, Kepolisian Resor Metro Bekasi, Ajun Komisaris Herry Azhari. (umi)

Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

Partai Nasdem menyatakan akan bergabung dalam koalisi pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah sang ketua umum Surya Paloh bertemu dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024