Gas Beracun Dieng, Warga Diminta Jauhi Kawah

Kawah Sileri di kawasan Dieng, Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jateng.
Sumber :
  • Antara/ Anis Efizudin

VIVAnews - Aktivitas Gunung berapi Dieng di perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus meningkat dan berstatus waspada (level II). Namun, sejumlah warga masih terlihat berani beraktivitas dengan jarak sekitar tiga kilometer dari kawah timbang.

"Kami melarang warga mendekati kawah Timbang karena sangat berbahaya," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Banjarnegara, Edi Purwanto saat berbincang dengan VIVAnews.com, Minggu malam 29 Mei 2010.

Menurut dia, petugas telah mengantisipasi dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar gunung, guna meningkatkan kewaspadaannya.

Hingga saat ini, kata Edi, kawah Gunung Dieng terus mengeluarkan  gas CO2, disusul dengan gempa vulkanik. "Gas dari kawah itu terus menyembul, bahkan hari ini sudah terjadi 13 kali gempa vulkanik," kata Edi.

Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Tengah segera melakukan evakuasi terhadap warga Desa Sumberejo yang tinggal di dekat sekitar gunung Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Sebanyak 140 kepala keluarga (KK) atau sekitar 510 jiwa dari desa Sumberejo Dusun Simbar, dan 151 KK atau sekitar 669 jiwa dari Dukuh Serang, dan ratusan warga Dukuh Kaliputih siap untuk dievakuasi.

Berdasarkan data terakhir pada pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng, kata dia, terjadi peningkatan kandungan gas CO2 pada pukul 11.17 WIB, Sabtu 28 Mei 2011, sebanyak 0,86 persen volume. Sedangkan batas aman kandungan CO2 hanya 0,5 persen volume.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional
Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024