Dieng Siaga, Wisatawan Batalkan Kunjungan

Panorama Alam di Pegunungan Dieng Wonosobo Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVAnews/Adrozen Ahmad

VIVAnews - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, mengatakan status Gunung Dieng telah mengalami peningkatan status dari Waspada ke Siaga. Aktivitas vulkanik di Kawah Timbang pun meningkat, ditandai dengan keluarnya gas beracun.

Palang Merah Indonesia pun sudah melakukan evakuasi terhadap warga di empat desa, yaitu desa Sumberejo, Serang, Kaliputih, dan Simbung. Tak ayal, ini menyebabkan jumlah pengunjung ke kawasan wisata Dieng berkurang.

Hal ini diakui salah satu pengelola tempat penginapan di kawasan wisata Dieng. "Memang ada beberapa pembatalan, tamu memutuskan tidak jadi datang setelah tahu ada berita tentang (aktivitas vulkanik) Dieng," kata Dwiyono, pengelola homestay di kawasan wisata Dieng, desa Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

Dwi kemudian menjelaskan kawasan wisata Dieng relatif aman. Karena kawah Timbang yang mengeluarkan gas karbondioksida berada jauh dari kawasan wisata Dieng. "Itu jaraknya 12 kilometer dari sini," ujar Dwi.

Namun, Dwi masih optimis wisatawan akan kembali ke Dieng. Pelaku industri pariwisata di Dieng pun berharap pemerintah daerah setempat memberikan penjelasan yang tepat mengenai kondisi di Dieng.

"Saya optimis tak lama lagi kondisinya aman. Gubernur juga katanya akan datang (ke Dieng), semoga kemudian bisa memberikan penjelasan mengenai keadaan di Dieng," ucap Dwi. (umi)

Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Guinea: Mereka Sangat Tangguh
BPJS Kesehatan ajak untuk rutin membayar iuran kepesertaan JKN tepat waktu

BPJS Kesehatan Ingatkan Masyarakat Bayar Iuran JKN Tepat Waktu

BPJS Kesehatan mengajak seluruh peserta JKN, khususnya peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri rutin membayar iuran kepesertaan JKN tepat waktu.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024