Patrialis: Jangan 'Goreng' Isu Ruyati

Menkumham Patrialis Akbar Menyambangi KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar meminta kepada seluruh pihak tidak mengaitkan eksekusi mati TKW Ruyati binti Satubi (54) oleh pemerintah Arab Saudi dengan pidato Presiden SBY di Jenewa. Patrialis menilai ada yang memainkan isu ini.

"Ini kan 'gorengannya' lancar juga. Hukuman mati di sana (Arab Saudi), apa salah Presiden kita?" kata Patrialis di gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Senin 20 Juni 2011.
 
Dalam pidato saat sesi ke-100 Konferensi ILO di Jenewa, Selasa 14 Juni lalu, Presiden SBY tak hanya menyinggung tentang perlindungan terhadap para buruh migran yang bekerja di sektor domestik atau rumah tangga. SBY juga mendukung `ILO Convention on Decent Work for Domestic Workers` yang diyakini akan diadopsi dalam sesi konferensi buruh sedunia.

Atas banyaknya opini negatif yang berkembang, Patrialis meminta seluruh pihak proporsional. "Jadi mohon, tidak terlalu diikuti dengan goreng-goreng," kata Patrialis. Maksudnya yang goreng-goreng apa Pak? "Ya itu, di media-media, pengamat-pengamat," jawab dia.

Sebelumnya, LSM Migrant Care menilai, pidato Presiden SBY tidak memberikan dampak apapun kepada TKI yang dieksekusi mati di Arab Saudi dan negara penerima lainnya. Bahkan, pidato orang nomor satu itu dinilai sebagai pepesan kosong. "Pidato itu bohong, pepesan kosong, tidak ada realisasinya pada TKI kita," ujar Staf Advokasi Migrant Care, Nining Johar, Minggu 19 Juni 2011.

Bahkan, politisi PDI Perjuangan Arif Budimanta menuturkan, posisi Indonesia sebagai ketua ASEAN juga hampir tidak memiliki efek apapun. Menurutnya, pemerintah belum bisa meningkatkan kewibawaan, harkat dan martabat bangsa ini dengan melindunginya sesuai dengan amanat konstitusi. "Kemarin Presiden baru pidato di ILO jenewa, Swiss. Tapi kenyataannya, TKI kita tidak bisa dilindungi. Ini paradoks," kata Arif Budimanta. (umi)

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan
Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024