Misi Bebaskan TKI, Satgas Bertolak ke Saudi

Mantan Menteri Agama RI Maftuh Basyuni tutup usia.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Satuan Tugas Tenaga Kerja Indonesia berangkat ke Arab Saudi hari ini, Kamis, 14 Juli 2011. Satgas TKI ke Arab Saudi guna meminta pengampunan bagi sejumlah TKI yang terancam hukuman mati. "Tim Satgas TKI baru berangkat Kamis sore ke Arab Saudi," kata Juru Bicara Satgas TKI Humphrey Djemat kepada VIVAnews.

Satgas TKI, kata Humphrey, akan bertemu dengan berbagai pihak. Agenda pertemuan dengan pihak kerajaan Arab Saudi pun sudah dijadwalkan.
Yaitu membahas pengampunan bagi TKI yang terancam hukuman mati.

Sebelumnya, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menegaskan bahwa tim dari Kemenakertrans telah berada di Arab Saudi untuk membicarakan negosiasi masa moratorium yang efektif pada 1 Agustus 2011 mendatang. "Kami juga melakukan negosiasi upaya perlindungan TKI di Arab Saudi," ucap Muhaimin.

Media Arab Saudi, Arab News, melansir empat nama Warga Negara Indonesia yang menghadapi eksekusi mati. Mereka adalah Siti Zaenab, Satinah binti Jumadi Ahmad, Aminah binti Hajibudim dan Darmawati binti Taryani.

Zaenab dan Satinah divonis mati setelah dinyatakan bersalah membunuh orang yang mempekerjakannya. Sedangkan, Aminah dan Darmawati dinyatakan bersalah atas kasus pembunuhan dan mutilasi yang dilakukan terhadap TKI lain.

Selain itu, terdapat pula nama Sumartini, yang masih dalam proses pengadilan dan mendeka di penjara Malaaz. Sumartini diperkarakan atas tuduhan menggunakan ilmu sihir untuk melenyapkan anak majikannya yang baru berusia 17 tahun, bernama Tisam. Namun pihak keluarga yakin, Sumiarti mengaku dengan terpaksa. Ia dipukul, dibawa ke padang pasir, ditanam sampai sebatas leher.

Niall Horan Meleleh Bacakan Tulisan dari Penggemar, Ada yang Sampai Absen Rapat sama Bos!
Korban kecelakaan bus pariwisata dievakuasi ke RSUD Subang

Identitas Korban Meninggal Kecelakaan Bus Pelajar Depok di Subang

Sebelas orang dikabarkan tewas dalam kecelakaan Bus Trans Putera Fajar yang menabrak kendaraan hingga terguling di Ciater, Subang, Jawa Barat, pada Sabtu malam.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024