Menhub: Manajemen Tiket KA Harus Diperbaiki

Stasiun Senen.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Perhubungan Freddy Numberi memerintahkan Dirjen Perkeretapian untuk melakukan pengecekan terhadap proses penjualan tiket kereta api untuk arus mudik lebaran.

"Tidak bisa dia bilang hari ini habis dalam lima menit, besok lima menit habis. Mekanisme seperti apa itu! Tidak benar itu," kata Freddy di Kantor Presiden, Selasa, 26 Juli 2011.

Freddy mengatakan, Dirjen Perkeretaapian sudah diminta untuk berkoordinasi dengan Direktur PT Kereta Api Indonesia (KAI). "Harus dievaluasi dong, tidak bisa begitu," ucap Freddy.

Selanjutnya, Freddy menilai perlu ada pembenahan manajemen PT KAI. "Mungkin manajemennya yang harus dibenahi. Tapi tidak bisa cuma begitu, karena ini kan meresahkan masyarakat," ungkapnya.

Soal harga tiket kereta, kata dia, untuk kelas eksekutif memang dilepaskan. "Tetapi ada batas atas. Kalau tiket ekonomi, sudah pasti tidak boleh naik," kata dia. Sementara, kata dia, untuk tiket bisnis ada batas atas bawah.

"Saya harap itu hanya mendekati batas tengah," kata dia. Freddy menambahkan, tiket lebih cepat habis karena ada dugaan permainan calo. "Kemarin sudah ditangkap delapan orang," ucapnya.

Menurut Freddy, dari delapan orang yang ditangkap tersebut ada orang KAI yang terlibat. "Nah yang delapan orang itu ada orang dalam kereta api yang menjadi calo,  ini kan tidak bisa, harus ditindak dong," kata dia. (umi)

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang
Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024