Bagaimana OPM Dapat Senjata? Ini Kata KSAD

Jenderal Pramono Edhie Wibowo
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Separatis di Papua yang tergabung dalam Organisasi Papua Merdeka (OPM) melancarkan gerakannya dengan senjata. Yang terakhir, mereka diduga menembaki helikopter milik TNI yang mengangkut jenazah Pratu Fana Suhandi anggota TNI dari Yonif 753/AVT Nabire. Ia ditembah dua kali, saat masih hidup dan sesudah nyawa melayang.

Sebelumnya, Pratu Fana tewas ditembak saat bertugas di pos TNI Tingginambut. Yang jadi pertanyaan, dari mana senjata mereka berasal?

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Pramono Edhie Wibowo mengatakan, persenjataan OPM berasal dari hasil mencuri senjata milik TNI yang bertugas di Papua. Senjata mereka pun standar.

"Standar mereka itu kan beberapa yang berhasil direbut dari TNI beberapa waktu yang lalu. Kan beberapa waktu yang senjata kita pernah dicuri, pos kita pernah diserang," tutur Pramono usai menjenguk tiga prajurit TNI di RSPAD, Jakarta, Kamis 4 Agustus 2011.

Selain itu, Pramono juga mengatakan, separatis OPM juga menggunakan senjata rakitan. "Banyak juga senjata rakitan," katanya.

Namun, Pramono Edhie belum melihat adanya pasokan senjata dari negara lain. "Saya sampai saat ini belum mendeteksi adanya pasokan senjata dari luar dan sebagainya," ucapnya.

Seberapa besar kekuatan separatis OPM? Pramono belum bisa memastikan. Namun yang pasti, TNI, kata Pramono akan meningkatkan operasi di Papua. Khususnya di basis-basis OPM.

"Terus terang saja dengan adanya peningkatan mereka, secara otomatis kita akan melakukan peningkatan untuk melaksanakan pembersihan daerah tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, KSAD menegaskan, akan menggunakan pendekatan militer kepada pihak yang menganggu kegiatan TNI.

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia U-23 Gagal Tembus Olimpiade 2024
Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir

Presiden FIFA Bangga dengan Pencapaian Timnas Indonesia: Bergerak ke Arah yang Benar

Presiden FIFA, Gianni Infantino berpesan untuk suporter Timnas Indonesia agar terus mendukung para pemain dan banga dengan hasil yang diraih Garuda Muda hingga titik ini.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024