Komite Etik KPK

Benny Klarifikasi Pertemuan di Rumah Nazar

Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Pimpinan Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi menyampaikan bahwa mereka telah memeriksa pimpinan Komisi III DPR RI, Benny K Harman dan staf ahli tersangka suap Wisma Atlet, Muhammad Nazaruddin.

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Mereka menyebutkan apa yang disampaikan Ketua Departemen Penegakan Hukum Partai Demokrat itu sama dengan yang diungkapkan di media beberapa waktu yang lalu.

"Hari ini kami menerima penjelasan dari staf ahlinya Nazaruddin, Nuril Anwar, mengenai apa saja kegiatan yang dilakukan Nazaruddin terkait dengan seberapa jauh apa misalnya hubungan Nazar dengan pimpinan KPK," kata Said Zainal Abidin, Anggota Komite Etik KPK didampingi pimpinan yang lain saat menggelar jumpa pers di gedung KPK, Jakarta, Senin 15 Agustus 2011.

Namun demikian, komite etik menegaskan pemeriksaan itu bukan atas nama lembaga tetapi Benny sebagai pribadi. Menurut Ketua Komite Etik KPK, Abdullah Hehamahua, keterangan-keterangan itu akan membantu KPK dalam mengambil keputusan.

 "Kami sudah bertemu dengan Pak Benny Kabur Harman, ketua Komisi III, tapi kita bertemu tadi (kapasitasnya) bukan sebagai ketua komisi III tapi sebagai orang yang pernah ikut serta di dalam pertemuan antara orang-orang KPK dengan Nazar dan dia kemudian satu lagi Saan. Kira-kira cukup jelas, dengan demikian nanti bisa menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan," kata Abdullah.

Sementara, Wakil Ketua KPK, Bibit Samad Riyanto menyampaikan sudah menjadi tugas dari komite etik untuk mengklarifikasi, mencari kebenaran terkait apa yang diomongkan oleh Muhammad Nazaruddin. Hal itu terkait dengan kasus korupsi serta khususnya tentang peristiwa pertemuan sejumlah pimpinan KPK dengan Nazaruddin.

"Kesaksian-kesaksian mereka kita minta, siapa pun yang disebut kita mau panggil, mungkin masih ada lagi. Mudah-mudahan kita dapat kejelasan yang salah seleh," ujar Bibit. (umi)

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir
Podomoro Park Bandung.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Tak hanya properti perumahannya saja yang menjadi fokus perusahaan. Tapi sarana dan fasilitas umum pun dipastikan lengkap untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024