Wakil Banggar Tak Tahu Ada Komitmen Fee 10%

KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews -- Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini memeriksa sejumlah pimpinan Badan Anggaran DPR. Salah satunya Wakil Banggar, Olly Dondokambey.

Usai diperiksa, Olly mengaku ditanya penyidik soal mekanisme pemutusan anggaran untuk daerah-daerah transmigrasi.  Apakah benar ada komitmen fee 10 persen? "Oh, saya nggak tahu. Saya sudah sampaikan kepada penyidik mekanismenya," kata dia, Selasa 20 September 2011.

Olly menambahkan, ia menjelaskan pada KPK tentang mekanisme pemutusan dana transfer daerah untuk daerah transmigrasi. "Saya cuma ditanya soal konfirmasi, mekanisme pembahasan APBN. Cuma itu saja," tambah dia.

Bagaimana soal tuduhan Yulianis? "Saya nggak tahu. Itu urusan lain," kata dia.

Selain Olly, KPK memeriksa dua pimpinan Badan Anggaran yang lain, Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Melchias Markus Mekeng dan Wakil Ketua Mirwan Amir.

Soal komitmen fee disebutkan oleh pengacara tersangka suap Kemenakertrans, Dharnawati. Pengusaha wajib setor 10 persen di muka dari nilai yang akan diputuskan oleh Badan Anggaran DPR. (Baca selengkapnya di sini)

Sebelumnya, Sekjen sekaligus Ketua Fraksi PDIP, Tjahjo Kumolo, melontarkan wacana pembubaran Banggar DPR menyusul dua kasus suap yang terjadi di dua kementerian berbeda dan soal dugaan aliran dana ke Badan Anggaran DPR.

Kasus pertama adalah suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kasus kedua adalah suap pencairan dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Sementara, Wakil Ketua DPR, Pramono Anung mengatakan, dalam rapat dengan dewan, Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan menyebut da transaksi-transaksi mencurigakan sejumlah anggota Badan Anggaran DPR.

"Hasil rapat dengan PPATK, sekarang sedang ditelusuri 21 transaksi melibatkan anggota Badan Anggaran," kata Pramono.  (umi)

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024