FOTO: Anas Penuhi Panggilan KPK

Anas Urbaningrum diperiksa KPK
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Proyek ini berada di bawah naungan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Anas tiba di gedung KPK sekitar pukul 10.50 WIB untukmemberikan klarifikasi terkait tudingan mantan Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin soal keterlibatan Anas dalam kasus ini.

Nazaruddin memang pernah menuding Anas terlibat dalam kasus korupsi PLTS. Proyek dikerjakan perusahaan milik mereka berdua. Anas tercatat pernah  berkongsi Nazaruddin dalam sejumlah perusahaan. Antara lain PT Anugerah Nusantara dan PT Panahatan. Anas membeli 30 persen saham Nazaruddin di PT Anugerah pada 1 Maret 2007. Saat itu Nazaruddin masih Wakil Bendahara Umum Demokrat.

Berdasarkan dokumen PT Panahatan yang diperoleh VIVAnews.com, pada 2008, Anas dan Nazaruddin memiliki 35.000 lembar saham. Sisanya dimiliki oleh sepupu Nazaruddin, M Nasir, yakni 30 ribu lembar saham.

Mengenai bisnisnya ini, Anas mengakuinya. Namun, menurut Anas dia sudah menyatakan keluar sebelum menjadi anggota DPR. Jadi tidak punya hubungan bisnis lagi dengan Nazaruddin. (Baca wawancara VIVANews dengan Anas di sini)

Dalam kasus PLTS ini, istri Nazar, Neneng Sri Wahyuni juga telah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga merupakan penghubung antara PT Alfindo dan pihak Kemenakertrans.

Usai dimintai keterangan oleh KPK, Anas mengatakan, dirinya bersaksi untuk tersangka Timas Ginting, pejabat pembuat komitmen di Ditjen Pembinaan Pengambangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT).

Dia menambahkan, tidak tahu menahu mengenai proyek PLTS tersebut. "Saya justru baru tahu dari Nazaruddin setelah dimintai keterangan oleh KPK. Intinya begitu. Selebihnya kewenangan penyidik untuk menjelaskan pada Anda," kata Anas.

Berikut foto Anas Urbaningrum tiba di gedung KPK untuk memenuhi panggilan KPK.

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024