Rapat Konsultasi DPR

KPK Siap Hadir Karena Banggar Tak Diundang

Ketua KPK Busyro Muqadas
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi memastikan akan memenuhi undangan rapat konsultasi dengan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat pada Senin, 3 Oktober 2011, pekan depan.

Setelah dua kali diundang, KPK selalu mangkir. Apa yang membuat pimpinan KPK bersedia hadir pada undangan ketiga?

Juru bicara KPK Johan Budi SPR menjelaskan, kesediaan pimpinan hadir, karena dalam surat undangan kali ini ada perbedaan dari surat sebelumnya.

"Kalau surat undangan konsultasi kali ini, disitu jelas disebutkan tidak melibatkan pimpinan Banggar dalam rapat itu," kata Johan di gedung KPK, Jakarta, Jumat 30 September 2011.

Johan melanjutkan, dalam surat undangan sebelumnya tertera, rapat konsultasi dihadiri pimpinan Banggar. Sementara, dalam surat undangan yang ketiga ini, pimpinan Banggar tidak tercantum dalam surat untuk hadir dalam rapat konsultasi Senin, nanti.

"Tadi saya sempat diperlihatkan suratnya oleh pimpinan KPK. Disitu disebutkan rapat akan dihadiri oleh pimpinan DPR, Komisi III, kemudian ada fraksi, juga diundang kejaksaan agung, kemudian Kapolri," jelasnya.

Johan menjelaskan, jika hadir dalam rapat konsultasi sebelumnya, akan menciderai kredibilitas institusi KPK dan DPR.

"Karena undangan kemarin dibarengi pernyataan-pernyataan bahwa rapat konsultasi erat kaitannya dengan proses penyidikan, di mana kita memerlukan keterangan empat anggota DPR yang kebetulan pimpinan Banggar," tuturnya.

Karena, menurut Johan, sebelumnya terjadi  miskomunikasi antara pimpinan KPK dengan pimpinan DPR. Namun, akhirnya, perbedaan persepsi mengenai hal tersebut sudah disamakan antara KPK dengan DPR.

"Oleh karena itu, hari Senin akan hadir. Karena sesuai dengan undangan yang disampaikan soal pemahaman terhadap RAPBN," ucapnya. (umi)

Offroad IMI X IOF Challenge Segera Bergulir di Purangga Park Kebumen
Rizky Febian dan Mahalini dalam upacara adat Mepamit

Terungkap Detail Akad Nikah Rizky Febian dan Mahalini, Paman Ungkap Semua!

Jumat 10 Mei 2024, Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan menggelar akad nikah. Kabar ini diungkap langsung oleh paman Rizky Febian

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024