Meningkat, Waspadai Asap Beracun Papandayan

Gunung Papandayan
Sumber :
  • wikipedia.org

VIVAnews -- Status Gunung Papandayan yang berada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat masih siaga. Intensitas gempa belum menunjukkan penurunan sejak ditetapkan berstatus siaga pada 13 Agustus 2011 silam.

"Kegempaanya sampai saat ini masih di atas 25 atau 30 kali sehari. Dalam kondisi normal, gempa di Papandayan di bawah lima kali dalam sehari," kata Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Badan Geologi Kementerian ESDM, Indrasto kepada VIVAnews.com, Kamis 13 Oktober 2011.

Menurut dia, Papandayan juga masih aktif mengeluarkan gas-gas beracun. Jika dalam kondisi normal, konsentrasi gas beracun hanya berada di bawah level satu persen. Namun, saat ini konsentrasi gas beracun di Papandayan mencapai rata-rata 10 persen. "Saat ini kan statusnya siaga, jadi pengeluaran gas masih tinggi. Apalagi cuaca selalu mendung dan terjadi hujan di sana, konsentrasi gasnya jadi mengumpul," kata dia.

"Gas beracun ini sangat berbahaya. Dulu saja waktu statusnya tisak aktif, ada yang menjadi korban karena menghirup gas beracun itu."

Selain Papandayan, aktivitas tinggi juga masih ditunjukkan oleh Gunung Anak Krakatau. "Masih terjadi gempa ribuan kali dalam sehari, statusnya belum kita turunkan dari siaga," kata dia.

Sementara itu, untuk Gunung Semeru di Jawa Timur, statusnya masih tetap waspada. Meskipun beberapa kali terlihat kepulan asap kecoklatan dari mulut kawahnya. "Itu masih wajar, kalau biasanya putih, sekarang tampak kecoklatan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata dia. (eh)

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua
Menu di restoran Markette.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Dalam dunia kuliner, gourmet adalah tentang memanjakan lidah dengan keunikan rasa. Gourmet merupakan makanan yang disiapkan dan dihidangkan dengan tingkat keahlian tinggi

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024