Istana: Insiden Sepeda Ontel Pertama Terjadi

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha
Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Petugas keamanan masih menelusuri penyebab insiden 'lolosnya' pria tua berusia sekitar 65 tahun membawa sepeda ontel yang melintas tepat di depan podium utama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pria tua yang disergap Pasukan Pengamanan Presiden itu diketahui bernama Made Subrata.

Pantauan VIVAnews.com, peristiwa yang membuat heboh Pasukan Pengamanan Presiden itu terjadi usai SBY membuka ASEAN Fair di kompleks Bali Tourism Development Corporation (BTDC), Nusa Dua, Bali, Senin 25 Oktober 2011.

Juru bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan petugas masih menginterogasi yang bersangkutan. "Nanti kami tanya, mengapa insiden itu bisa terjadi?" kata Julian kepada wartawan di lokasi acara.

Saat ini, Made Subrata yang masih berseragam hijau bertuliskan Dinas Kebersihan dan Pertamanan itu masih menjalani pemeriksaan petugas. Made Subrata masih mendapat pengawalan ketat petugas dan masih diinterogasi.

"Kami akan dengar penjelasan dari pihak terkait, aparat keamanan. Tapi memang, ini peristiwa yang baru pertama kali terjadi," kata Julian. Sementara, Made Subrata yang dicecar pertanyaan masih terlihat ketakutan. Dia seperti tidak mengerti mengapa dituduh bersalah.

Insiden terjadi saat Made Subrata melintas tepat di depan podium SBY, yang berjarak sekitar 5 meter. Padahal dalam jarak sekitar 100 meter, pengamanan SBY sudah sangat steril. SBY saat itu sedang melihat atraksi akrobat pesawat.

SBY pun meninggalkan lokasi sebelum acara usai. Pangdam Udayana Mayjen TNI Leonard Louk dan Kapolda Bali Inspektur Jenderal Polisi Totoy Herawan Indera juga turun tangan. (Laporan: Bobby Andalan | Bali, umi)