Polri Kirim Satu Batalion Brimob ke Papua

Kerusuhan pacsa Kongres Rakyat Papua III
Sumber :
  • REUTERS/ Stringer

VIVAnews -- Rentetan penembakan misterius membuat Mabes Polri menambah jumlah personilnya di Papua. Untuk memperkuat barisan pengamanan itu, Mabes Polri mengirimkan pasukan ke Papua pada Selasa 25 Oktober 2011.

"Hari ini juga akan dikirimkan pasukan 300 personil lebih ke Papua. Satu batalion Brimob, yaitu tadi ada sekitar 300-an," kata Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Pol Sutarman di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Namun demikian, Polri belum meningkatkan status pengamanan di Papua. Polri menyatakan masyarakat tak perlu terlalu mengkhawatirkan keamanan di bumi papua. "Sampai saat ini masih bisa dikendalikan," kata dia.

Sutarman menambahkan, hingga saat ini Polri belum bisa menyimpulkan apakah rangkaian penembakan yang telah menewaskan delapan orang dalam dua minggu belakangan berkaitan dengan kongres Papua atau tidak. "Kita masih belum tahu juga, masih dalam penyelidikan karena tim kita baru turun," kata dia.

Empat penembakan yang menewaskan delapan orang itu masing-masing terjadi pada Senin 10 Oktober yang menewaskan satu karyawan PT Freeport. Pada Jumat 14 Oktober kembali terjadi penembakan dan menewaskan tiga karyawan PT Freeport.

Selanjutnya pada Jumat 21 Oktober di kilometer 38 daerah Abepura, Timika yang menyebabkan tiga orang tewas. Terakhir, Senin 24 Oktober penembakan dilakukan oleh dua orang tak dikenal di Puncak Jaya. Akibatnya, Kapolsek Mulia, Puncak Jaya, AKP Dominggus Oktavianus Awes tewas.

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sementara itu, terkait Kongres Rakyat Papua III, polisi telah menetapkan enam tersangka. Mereka dituduh melakukan tindakan makar karena mendeklarasikan berdirinya sebuah negara. (eh)

Kiper Indonesia U-23, Ernando Ari

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Erna Yuli Lestari, ibunda dari Ernando Ari merasa lega usai Indonesia U-23 memenangkan pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024 melawan Korea Selatan U-23.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024