SBY Kirim Tim Investigasi Gejolak di Papua

Kerusuhan pacsa Kongres Rakyat Papua III
Sumber :
  • REUTERS/ Stringer

VIVAnews -- Tim terpadu direktorat keamanan diplomatik pemerintah pusat, yang diperintah langsung presiden, tiba di Papua hari ini. Tim yang terdiri dari beberapa kementrian itu langsung menemui Kapolda Papua, Irjen Pol BL Tobing, untuk menginvestigasi secara langsung gejolak di Papua, yang terjadi belakangan ini.

Tim terpadu keamanan diplomatik terdiri dari beberapa kementrian antara lain, Kemenpolhukam, Kemendagri, Kemenlu, dan Badan Intelijen Negara (BIN). Pertemuan berlangsung tertutup.

Juru Bicara Polda Papua, Kombes Wachyono, mengatakan kedatangan tim terpadu keamanan, atas perintah Presiden. Untuk mengetahui secara jelas kondisi Papua yang belakangan ini eskalasinya meningkat. "Mereka ingin mendapat fakta yang sebenarnya, mengenai kondisi situasi Papua, terkait terjadinya sejumlah aksi kekerasan,"imbuhnya.

Kata dia, pihak Polda kemudian menjelaskan situasi yang sebenarnya tentang Papua. "Kami memberikan berbagai fakta yang diminta mereka,"tandasnya.

Ditanya, apakah kondisi Papua memang sudah sangat mencemaskan, sehingga presiden mengirim tim terpadu untuk mencari fakta, Wachyono hanya mengatakan, tidak semua wilayah di Papua yang bergolak atau ada tindak kekerasan. "Hanya beberapa wilayah yang ada gejolak, sementara wilayah lain aman dan kondusif kok," tukasnya.

Wachyono juga mengatakan, bahwa situasi Puncak Jaya berangsur pulih. Aktivitas masyarakat mulai berjalan normal meski tetap waspada. "Puncak Jaya mulai aman,"singkatnya.

Mengenai pasukan Brimob yang didatangkan dari Kelapa Dua Depok, Wachyono mengatakan, belum tiba di Puncak Jaya. "Cuaca yang ekstrem membuat pengiriman personel mengalami kendala, sehingga pasukan yang ada di sana dioptimalkan untuk menciptakan situasi yang kondusif,"paparnya.

Laporan: Banjir Ambarita| Papua

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024