Sambut Obama, Bali Beli Detektor Rp60 Miliar

Presiden Obama di kampus Universitas Indonesia (UI)
Sumber :
  • AP/Charles Dharapak

VIVAnews – Gubernur Bali, Made Mangku Pastika mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Bali akan membeli 2 unit detektor canggih untuk mendukung pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur (East Asia Summit) di Nusa Dua, Bali, yang akan dihadiri oleh Presiden AS Barack Obama.

KTT Asia Timur ini merupakan acara penutup dari rangkaian agenda KTT ASEAN. KTT Asia Timur akan digelar pada tanggal 19-21 November 2011. Selain dihadiri oleh kesepuluh negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN, KTT Asia Timur juga akan dihadiri oleh negara mitra ASEAN lainnya.

“Pengamanan di Bali akan terus ditingkatkan menjelang kedatangan Obama dan para pemimpin negara lainnya dalam rangka KTT ASEAN di Nusa Dua, Bali,” kata Pastika di Kantor Gubernur Bali, Jumat 28 Oktober 2011. Untuk itu, lanjutnya, aparat keamanan dan Pemprov Bali terus berkoordinasi untuk menjaga keamanan wilayah Bali.

“Pemprov Bali akan membeli 2 unit security gate canggih seharga Rp60 miliar. Kedua detektor itu akan kami hibahkan kepada Polda Bali untuk pengaturan teknisnya,” terang Pastika.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Menurut dia, dua detektor itu akan diberikan cuma-cuma kepada pihak kepolisian karena mereka lebih berwenang dan ahli dalam soal keamanan.

Pastika menjamin, Bali akan aman selama kedatangan Obama. Sebelumnya, Komandan Pangkalan Udara Ngurah Rai, Letkol Pnb Jumarto, memastikan Presiden Obama akan tiba di Bali pada tanggal 16 November 2011.

Terkait itu, berbagai persiapan sehubungan dengan pengamanan Obama pun mulai intens dilakukan, mulai dari pengamanan di lokasi tempat berlangsungnya acara, rute perjalanan, hingga Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

Sayangnya, meski Obama akan hadir di Bali, namun Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Perdana Menteri Selandia Baru John Key membatalkan rencana kehadiran mereka di KTT Asia Timur di Bali. “Dua-duanya karena pertimbangan di dalam negeri,” kata Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa.

Laporan: Bobby Andalan | Bali

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024