Kloter Pertama Pemulangan TKI Tiba di Bandara

Pemulangan TKI Bermasalah : Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Sebanyak 351 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) overstayer atau yang melebihi ijin tinggal di Arab Saudi hari ini tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Mereka terdiri dari 345 orang wanita, 1 laki-laki dewasa, 3 anak kecil dan seorang bayi.

Para TKI ini pulang dengan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 9292. Ini merupakan bagian dari 1.600 TKI overstayer yang akan dipulangkan oleh pemerintah.

Pemulangan dibagi menjadi 5 kloter. Satu kloter dipulangkan hari ini, sementara sisa 4 kloter lainnya dipulangkan menyusul pada hari ini juga.

"Hari ini pelaksanaan pemulangan TKI overstayer. Banyak instansi terkait dalam pemulangan ini," kata Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Senin, 31 Oktober 2011.

Menurut Agung, proses pemulangan dilakukan bertepatan dengan musim haji. Sehingga, proses pemulangan memanfaatkan pesawat yang pulang setelah menghantarkan jamaah haji.

"Diharapakan kejadian itu tidak terulang lagi. Mereka tidak diperbolehkan masuk kembali ke Arab Saudi dalam jangka waktu 5 tahun ke depan," ujarnya.

Selanjutnya, penyerahan kedatangan para WNI/TKI dilakukan pihak Kementerian Luar Negeri yang diwakili Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Tatang Budie Utama Razak kepada Deputi Kepala BNP2TKI Bidang Perlindungan, Lisna Yoeliani Poeloengan.

Sedangkan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI, Jumhur Hidayat, mengataka para WNI/TKI itu akan lebih dulu didata permasalahannya oleh petugas BNP2TKI di Balai Pelayanan Kepulangan TKI Selapajang, Tangerang, Banten. Setelah itu, mereka akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing dengan fasilitas pembiayaan BNP2TKI.

“Jadi, tugas BNP2TKI melakukan pendataan setiap permasalahan utamanya terkait TKI Overstayers dan TKI Bermasalah yang dipulangkan ke Indonesia, kemudian mengantar kepulangannya hingga diterima oleh pihak keluarga,” ujarnya.

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Laporan: Muhammad Iyus | Tangerang

Muamalat Tower / Bank Muamalat Pusat

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Transaksi jemaah haji nasabah Bank Muamalat semakin dipermudah dengan fitur baru yang diluncurkan pada kartu debitnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024