Jika Menang, Komodo Makin Banyak Dikunjungi

Jusuf Kalla, Duta Pemenangan Komodo
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Jika Komodo menang dalam ajang New7Wonders of Nature, maka akan semakin banyak wisatawan mancanegara berkunjung.

Keyakinan ini diungkapkan duta komodo, Jusuf Kalla usai menggelar telekonferensi via Skype dengan Direktur New7Wonders di kantor pusat PMI, Jakarta, Jumat 4 November 2011.

Jika banyak wisatawan, otomatis akan meningkatkan taraf hidup masyarakat Nusa Tenggara Timur dengan menggerakkan industri pariwisatanya, seperti Bali.

"Kita kan ingin rakyat NTT ini seperti Bali yang mengandalkan pariwisata karena 6000 turis datang perharinya," ujar JK di Kantor Pusan PMI, Jakarta, Jumat 4 November 2011.

JK menuturkan, sebelumnya, wisatawan mancanegara yang datang ke pulau Komodo hanya 20 orang. Tapi, setelah terkenal, sehari bisa mencapai 100 wisatawan.

Namun untuk tetap menjaga kelestarian alam dan habitat komodo, menurut JK, kunjungan wisatawan tetap harus dibatasi. Dengan kata lain, harus dibuat sistem kuota untuk kunjungan ke Komodo. Sekaligus menjadikan pulau tersebut sebagai daerah wisata eksklusif yang mahal.

"Nanti kita buat supaya sehari maksimal 300 atau 500 orang. Dan untuk turis asing biayanya harus lebih mahal, biar masyarakat kita juga bisa menikmati," kata JK.

Selain itu, wisatawan juga bisa diajak untuk menikmati keindahan dan daya tarik di NTT lainnya dalam paket wisata. Sehingga wisatawan tidak hanya akan disuguhi wisata petualangan ke pulau Komodo.

"Kalau lihat Komodo itu paling lama 30 menit. Tapi kita bisa ke pantainya yang indah, makan ikan bakar, atau ke Labuan Bajo," tuturnya.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang
Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024