4234 Calon TKI Sukabumi Belum Tersalurkan

Calon TKI perlihatkan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri
Sumber :
  • Antara/ Lucky R

VIVAnews- Moratorium Tenaga Kerja Indonesia ke Arab Saudi dan Malaysia membuat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi kewalahan mendistribusikan para calon TKI.  Dari data Disnakertrans hingga bulan Oktober diketahui bahwa TKI yang telah terdaftar 4234  orang . Mereka sudah siap berangkat sebelum moratorium berlaku.

Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata

“Saat ini kami sulit mendistribusikan para calon TKI ini. Saya menolak memberangkatkan mereka ke Arab Saudi dan Malaysia karena moratorium belum dicabut, meski saya sudah mendapatkan kabar mengenai pencabutan moratorium ke Malaysia namun saya belum mendapat surat resmi dari pemerintah pusat,” tegas Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi,  Aam Amarhalim, usai talkshow mengenai sosialisasi TKI di RSPD Citralestari.

Menurutnya, Disnaketarans hingga Desember 2011 ini hanya mampu memberangkatkan para calon TKI ini hingga 50% saja, sisanya akan diberangkatkan pada pada tahun 2012. Kesulitan ini disebabkan pemberlakuan moratorium terhadap Malaysia dan Arab Saudi dimana kedua negara ini merupakan pengguna terbesar jasa TKI asal Sukabumi.

Sementara pemberlakukan moratorium belum dicabut para Calon TKI ini akan disalurkan ke kawasan Asia Pasifik, diantaranya Jepang, Korea, Taiwan dan Hongkong.

“Kebutuhan akan TKI negara Asia Pasifik memang berbeda dengan kebutuhan Malaysia dan Arab Saudi. Negara negara ini lebih membutuhkan para TKI yang bekertja di sektor formal,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Penyediaan dan Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri  kabupeten Sukabumi Ismail menjelaskan, sebanyak 90% dari total 4234 calon TKI yang siap diberangkatkan merupakan Penata Rumah Tangga yang lebih diklasifikasikan sebagai tenaga kerja informal termasuk  supir.

“Ini yang mejadikan Disnakertrans kesulitan untuk mendistribusikan para calon TKI. Permintaan sektor ini lebih dibutuhkan oleh Malaysia dan Arab Saudi,” katanya.

Sebelum diberlakukannya moratorium setiap tahun, Disnakertrans mencatat sekitar 3000 TKI yang diberangkatkan  ke berbagai negara. Mereka diberangkatkan  melalui 154 PJTKI yang memiliki cabang di kabupten Sukabumi.

Laporan; Eka Permadhi l Sukabumi

Jorvan Veira

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Jorvan Vieira, nama yang mungkin asing bagi pecinta sepak bola di tanah air. Namun, di benua Asia, nama ini begitu harum dan dihormati. Beliau adalah pelatih asal Brasil

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024