"KPK Jangan Hanya Tangkap Jaksa"

Bambang Widjojanto Di Wawancara KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menangkap oknum jaksa yang kedapatan menerima suap. Calon pimpinan KPK Bambang Widjojanto menilai perlu ada sistem pengawasan yang efektif agar kasus jaksa terima suap tidak terjadi lagi.

"Saya usul ke jaksa agung untuk memetakan korupsi di lembaga-lembaga hukum bersama KPK," kata Bambang kepada wartawan, Rabu 23 November 2011.

Pemetaan korupsi itu, kata dia, bisa dipakai untuk mengidentifikasi dan membangun sistem anti-korupsi. "Berarti pendekatannya hulu ke hilir. Tidak hanya menangkap (jaksa)," jelas Bambang.

Sesudah identiifkasi dan membangun sistem, penegak hukum pun bisa kerja sama dalam monitoring sehingga pengawasan akan lebih efektif. "Jadi bisa kita antisipasi sejak hulu, tidak hanya nangkap karena nangkap ini tindakan selanjutnya. Lebih penting meminimalisasi korupsi."

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

KPK menangkap tangan oknum jaksa yang merupakan Kepala Sub Bagian Pembinaan di Kejaksaan Negeri Cibinong berinisial Sis. Bersama Sis juga ada seorang pengusaha E, AB dan satu orang driver pada Senin, 21 November 2011 malam.

Ketiganya ditangkap di halaman Kejari Cibinong, delapan orang penyidik KPK menemukan uang senilai Rp99,9 juta di dalam mobil Nissan X-Trail milik S. Uang dimasukkan dalam amplop coklat yang dibawa oleh AB rekan E.

KPK lantas menetapkan ketiganya sebagai tersangka dan menahan mereka di rumah tahanan. Jaksa Sis di Rutan Polda Metro Jaya, sementara AB dan E di rutan Cipinang.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan
Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024