Jembatan Kukar Roboh

13 Mobil di Dasar Sungai, Berapa Jasad Lagi?

Jembatan Kutai Kartanegara
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menuntaskan pemetaan di bawah permukaan Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Lokasi jembatan ambruk yang menghubungkan Tenggarong dan Kutai Kartanegara. Hasil pemetaan, masih ada 13 mobil yang berada di dasar sungai.

Menurut keterangan tertulis dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, tim dari BPPT menemukan ada 13 obyek yang diduga mobil yang berada di sekitar reruntuhan jembatan.

Pemetaan tim dari BPPT itu menggunakan teknologi side scan sonar dan multibeam echosounder. Hasil pemetaan multibeam menunjukkan, jembatan patah di 50 meter dari arah Tenggarong, bending (bergeser) dan crack (patah) di meter 104. Sisanya 104 meter duduk di dasar sungai hingga pylon (tonggal menara) sisi Samarinda.

Hasil analisa gabungan citra side scan sonar dan multibeam memberikan gambaran kondisi eksisting yang cukup jelas kondisi di bawah air. Analisa sementara terdeteksi 13 obyek bawah laut yang diduga berkaitan dengan ambruknya jembatan.

Ke-13 objek itu diindikasikan mobil. Sebanyak 6 dari 13 objek tersebut berada di sekitar patahan jembatan. Sebelumnya, dengan menggunakan side scan sonar diindikasikan 7 titik di luar dan 1 di bawah reruntuhan jembatan yang diindikasikan kendaraan.

Namun dengan memadukan multibeam echosounder dan side scan sonar, tim BPPT mengidentifikasi 13 objek. Semua objek sudah diketahui koordinat posisinya.

Kemarin pukul 08.45 wita ditemukan 1 orang korban laki-laki, yang mengambang dengan jarak kira-kira 3 km dari jembatan ke arah hilir. Jumlah korban total menjadi 21 orang. Dengan ditemukannya 13 benda diduga mobil di dasar sungai, ada kemungkinan korban tewas akan bertambah.

Rencananya kemarin dilakukan pengambilan 1 buah kendaraan dari dasar sungai dengan menggunakan crane. Namun usaha itu belum berhasil, karena faktor cuaca. Cuaca pagi hari mendung, dan siang hingga sore hujan agak lebat. Rencana akan dilanjutkan hari ini. (adi)

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024
Pertandingan Liga1 pekan ke-33, Persis Solo vs Persita Tangerang

Hasil Liga 1: Persis Solo Legowo Akui Kemenangan Tim Tamu Persita Tangerang

Tim tuan rumah, Persis Solo harus mengakui keunggulan tamu mereka, Persita Tangerang dengan skor 1-2 dalam pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan Solo Jumat 26/4

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024