Polri Diminta Anggarkan Penanganan Konflik

Massa bentrok di Bima, NTB
Sumber :
  • ANTARA/Rinby/Amds/Koz

VIVAnews - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, telah menerima laporan hasil kerja Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) terkait tragedi Mesuji. Selain rekomendasi atas kasus Mesuji, TGPF juga mengeluakan rekomendasi kebijakan atas kasus yang sama kepada Polri.

Rekomendasi untuk Polri itu adalah agar meningkatkan kapasitas pengamanan konflik termasuk membuat aturan yang lebih jelas mengenai mobilisasi personel yang sesuai dengan prinsip-prinsip HAM.

Tim pencari fakta juga merekomendasikan agar ada alokasi anggaran operasional kepolisian yang cukup untuk mendukung efektifitas di lapangan kepada personel yang bertugas pengamanan dan pencegahan konflik.

"Kepada pimpinan Polri setelah alokasi anggaran operasional terpenuhi, untuk menerbitkan kebijakan pelarangan penerimaan dana dari pihak ketiga untuk mendukung tugas pengamanan agar menjaga netralitas dan profesionalitas," kata Ketua TGPF, Denny Indrayana.

Belajar dari Kasus Kecelakaan Maut Subang, Polri Minta Masyarakat Lakukan Ini Sebelum Sewa Bus
Ilustrasi surat suara di pemilu

4 Orang Sudah Konsultasi Maju Cagub Jakarta Jalur Independen, Siapa Saja?

KPU RI mengungkapkan sudah ada 4 nama yang ingin maju jadi cagub di Pilkada DKI Jakarta melalui jalur perorangan atau independen.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024