Anas: Tak Ada Fee, Adanya Daun Jambu

Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews -- Nama Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum terus disebut-sebut dalam "nyanyian" Muhammad Nazaruddin. Terakhir, Anas dituding menerima fee alias komisi dari proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Dimintai tanggapan, Anas membantah. ""Tidak ada fee itu. Cuma ada daun jambu," kata dia di Kupang, Jumat 20 Januari 2012. 

Dia juga membantah tudingan adanya fee dari proyek yang digarap PT Duta Graha untuk membangun gedung Partai Demokrat.

Sebelumnya, ketika menjadi saksi dalam sidang dengan terdakwa Timas Ginting, Nazaruddin mengatakan, Anas menerima fee sektar Rp80 miliar. "Ini fee dari proyek sebesar Rp2,2 triliun," kata Nazar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu 18 Januari 2012.

Nazar mengklaim memiliki bukti mengenai penerimaan uang tersebut. Meski demikian, Nazar menegaskan yang mengetahui lebih banyak mengenai penerimaan fee tersebut adalah anak buahnya yakni Yulianis dan Mindo Rosalina Manulang. "Yang tahu lebih detil itu Rosa. Dan kalau yang dibilang Rosa siapa yang terima fee itu benar semua karena dia yang lebih tahu," ujarnya.

Saat dinyai hakim, Nazaruddin mengatakan, uang yang diterima Anas dibelikan Toyota Alphard.

Tak hanya Anas Urbaningrum yang kena. Nazaruddin juga menuding Direktur Umum PLN tahun 2010, Dahlan Iskan juga menerima fee.

Dahlan menanggapi enteng tudingan itu. "Biasanya yang membantah itu benar. Coba diusut lah (fee). Kalau ada, Anda ambil ya karena belum sampai ke saya," jawab Dahlan di Jakarta, Kamis 18 Januari 2012. "Siapa tahu masih nyasar di sekitar dia. Terus, nanti kita bagi-bagi lah."

Dia mengaku tidak menerima fee tersebut tapi dia menjelaskan, proyek yang disebut Nazaruddin sebagai murni inisiatif PLN. "Proyek itu sama sekali tidak ada hubungan sama APBN dan DPR. Nazaruddin itu kan mengatur proyek-proyek APBN yang ditentukan di DPR," jelas Dahlan yang kini menjabat Meneg BUMN itu. (eh)

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024