Status Gunung Ile Lewotolo Turun Jadi Waspada

Asap Letusan Gunung Sinabung
Sumber :

VIVAnews -- Status Gunung Ile Lewotolo di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur turun, dari Siaga atau Level III menjadi Waspada.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) menjelaskan, penurunan status dilakukan menyusul menurunnya aktifitas vulkanik gunung tersebut dalam beberapa hari kebelakang.

“Beberapa hari kebelakang terjadi kecenderungan  penurunan aktivitas vulkanik, maka terhitung sejak tanggal 25 Januari 2012 pukul 16.00 WITA status kegiatan Gunung Ile Lewotolo diturunkan dari Siaga (Level III) menjadi Waspada (Level II),” demikian pernyataan PVBMG seperti dimuat dalam situs kementerian ESDM.

Meski demikian, pemantauan intensif dan pemahaman terhadap aktivitas Ile Lewotolo terus dilakukan. "Juga kegiatan sosialisasi tentang ancaman bahaya letusan Gunung Ile Lewotolo."

Gunung api ini sudah beristirahat 92 tahun, letusan terakhir terjadi pada tahun 1920 berupa letusan kecil. Sebelumnya  telah tercatat  beberapa kali letusan yaitu tahun 1660, 1819, 1849, 1852, 1821, 1864, 1889, dan 1920.

"Sehubungan dengan status kegiatan Ile Lewotolo Waspada (Level II) maka direkomendasikan, masyarakat di sekitar gunung dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki dan mendekati kawah yang ada di puncak," demikian imbauan PVMBG. "Masyarakat diharap tenang, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Ile Lewotolo, tetapi tetap meningkatkan kewaspadaan dan senantiasa mengikuti arahan dari BPBD."

Sebelumnya, pada 4 Januari 2012, Ile Lewotolo rajin mengeluarkan semburan asap hitam setinggi 50 meter.

Berbagai jenis tanaman di sekitar lereng gunung mulai kering, serta bau belerang tercium sampai radius lima kilometer. Binatang hutan seperti musang, ular dan babi hutan mulai masuk kampung. dalam kondisi itu, 400 warga memilih mengungsi. (eh)

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024