Lumba-lumba, Si Pembawa Berkah

Lumba Lumba
Sumber :

VIVAnews - Sudah lama ikan jenis lumba-lumba diketahui berkeliaran di perairan Kalimantan. Alih-alih menangkapnya, nelayan memutuskan untuk menjaga kelestarian mamalia laut cerdas itu. Dianggap sebagai berkah.

Herman, warga Dusun Tokaya, Desa Kubum, Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya menceritakan bahwa ikan lumba-lumba ini biasa muncul berpasangan. Sudah cukup lama ikan itu dijumpai, sejak 1993. Biasanya ikut mendampingi motor air para nelayan.

"Warna ikannya itu  abu-abu. Ikan ini  muncul lebih dari satu ekor dan  beriringan berpasangan biasanya.  Dia (lumba-lumba) muncul tidak sering," tutur Herman, kepada VIVAnews.com, di Kubu Raya, Rabu 8 Februari 2012.

Menurut Herman, kemunculan lumba-lumba adalah pertanda: ada banyak ikan di perairan itu. “Lumba lumba ini dianggap sebagai keberuntungan bagi nelayan di sini. Dan ikan ini juga dipercaya sewaktu-waktu dapat membantu dalam kesulitan, misalnya saat kapal tenggelam, hanyut. Juga bisa membantu mendorong kapal," kata dia.

Bahwa lumba-lumba adalah mahluk berkah, sudah lama jadi kepercayaan masyarakat setempat. "Tapi kami nggak mistik lho,” ucap Herman.
 
Oleh karena itu, masyarakat setempat sangat menjaga kelestarian ikan lumba-lumba.  Warga di sini sangat menjaga keberadaan lumba-lumba ini. Pantangan masyarakat di laut tak boleh membunyikan suara dentangan besi yang dipukul. Karena suara dapat memancing kemarahan si ikan ini," kata dia.

Pantangan dihindari agar lumba-lumba tidak marah. Juga berlaku larangan keras, ikan ini tak boleh ditangkap. "Kalaupun  terjaring pukat tetap dilepaskan,” ungkap Herman.

Herman menambahkan, lumba-lumba ini datang dari arah laut sekitar 3-5 kilometer menuju  laut lepas. "Lumba-lumba juga sering nampak di sungai, mungkin karena airnya yang tenang," kata dia.

Dulu, Herman menceritakan, di muara Sungai Dabung pernah ditemukan lumba-lumba putih, albino.

Sayangnya, dia menambahkan, air sungai kini tercemar, kuat dugaan akibat penebangan mangrove. "Saya selaku warga sangat kesal hutan Mangrove ditebang oleh salah satu perusahaan  untuk bahan baku industri kertas. Air sungai menjadi tercemar," keluh dia. (umi)

Kata Demokrat Penambahan Kementerian Agar Rakyat Bisa Lebih Diurus
Ketua DPD PKS Depok, Imam Budi Hartono (IBH)

PKS Mengaku Siap Hadapi Koalisi Enam Partai di Pilkada Depok 2024

PKS meraih 250 ribu suara di Pemilu 2024 dan memperoleh 13 kursi.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024