Tim "Canggih" Polri Usut Kecelakaan Maut

evakuasi bus cisarua
Sumber :
  • ANTARA/Jafkhairi

VIVAnews - Kecelakaan maut bus Karunia Bakti di Cisarua, Bogor, pada Jumat 10 Februari 2012 yang menewaskan 14 orang mengingatkan kembali akan tragedi "Xenia maut" di Tugu Tani, Jakarta Pusat, pada Minggu siang 22 Januari 2012 yang menewaskan 9 pejalan kaki.

Markas Besar Polri berupaya mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi termasuk berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya seperti Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Apa saja upaya-upaya yang tengah dilakukan Polri untuk menekan kecelakaan maut di jalanan? Salah satunya adalah pembentukan traffic accident analysis.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Tim ini yang dilengkapi teknologi canggih ini merupakan badan yang sanggup merekonstruksi sebuah kecelakaan secara digital. "Belajar dari Inggris. Ini coba kami terapkan kasus di Tugu Tani dan Cisarua," kata Wakil Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri, Brigjen Polisi Didik Purnomo.

Selain tim rekonstruksi digital, Polri juga melakukan upaya-upaya lain untuk menekan angka kecelakaan massal. Beberapa upaya itu pertama, menyusun konsep berbagai kegiatan yang menumbuhkan kesadaran keselamatan lalu lintas. Salah satunya, internal Polri sedang melaksanakan konsep safety driving (mengemudi dengan benar).

"Sudah dibangun di beberapa Polda sebagai kepala proyek antara lain di Polda Sumatera Utara, Polda Riau, NTT dan Jawa Timur. Di sana diajarkan bagaimana cara-cara mengemudi yang benar dan berorientasi pada keselamatan lalu lintas," kata Didik.

Kemudian, polisi juga sedang membuat proyek percontohan bekerja sama dengan Jasa Raharja. Polri membentuk unit mobile untuk memeriksa pengemudi untuk mengantisipasi ketergantungan narkotika. "Sudah kami siapkan," kata dia.

Berikutnya, tahun ini Polri tengah juga membuat proyek percontohan di Jawa Timur dan Jawa Barat tentang bagaimana memperoleh SIM dengan benar. "Ini sedang uji kelayakan. Baik mobil pribadi, truk dan sebagainya," jelasnya.

Sejauh ini, berdasarkan catatan kepolisian, khususnya daerah Jawa Timur dan Jawa Barat, jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2010 dibandingkan dengan 2011 secara kuantitatif mengalami peningkatan sebesar 0,5 persen. "Dari 109.319 pada tahun 2010 menjadi 109.776 di tahun 2011," terangnya.

Sementara, korban meninggal dunia mengalami penurunan sebanyak 0,1 persen. "Tahun 2010, 31.234, 2011 menjadi 31.185 orang," ujar dia.

Ilustrasi perut buncit

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Lemak perut seringkali menjadi momok bagi orang dewasa. Selain mengganggu penampilan dan membatasi gerak, ternyata lemak perut juga menyimpan bahaya kesehatan yang serius

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024