Yulianis Sebut Rp5 Miliar, Angelina Berkelit

Angelina Sondakh menjadi saksi Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Politisi Partai Demokrat, Angelina Sondakh, disebut-sebut menerima uang dari perusahaan milik terdakwa kasus suap wisma atlet Muhammad Nazaruddin. Kesaksian ini diungkap, salah satunya, oleh mantan anak buah Nazaruddin, Yulianis.
 
Dalam sidang di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Rabu 25 Januari lalu, Yulianis yang juga mantan Wakil Direktur Keuangan PT Permai Group itu mengatakan Angelina Sondakh menerima Rp5 miliar. Tak hanya Angie, Yulianis juga menuding rekan sejawat Angie di Badan Anggaran DPR, I Wayan Koster.
 
Kesaksian Yulianis ini diperkuat kesaksian anak buah Nazaruddin yang lain, Mindo Rosalina Manulang. Dalam sidang kasus yang sama, Rosa menyebutkan komunikasinya dengan Angie soal aliran dana tersebut menggunakan BlackBerry Messanger (BBM).

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

"Ibu Angie minta uang karena sedang ada pembahasan anggaran Kemenpora. Ada (proyek pembangunan fasilitas olahraga di Hambalang) atau (pembangunan) Wisma Atlet. Dia bilang butuh uang untuk menggolkan anggaran," kata Rosa.
 
Menurut mantan anak buah Nazar di PT Anak Negeri itu, Angelina telah menerima uang dari dirinya terkait proyek pembangunan wisma Atlet SEA Games di Palembang. "Waktu itu kantor (PT Anak Negeri) mengeluarkan Rp10 miliar. Sebanyak Rp5 miliar untuk Angie, Rp5 miliar sisanya saya tidak tahu. Sebab, kalau tidak diberi uang, susah turun anggaran," ujar Rosa.
 
Rosa menyebut permintaan uang ini menggunakan bahasa khusus agar tidak vulgar seperti kata-kata 'semangka, apel malang, dan pelumas' yang merujuk pada rupiah. Sementara 'apel washington' untuk merujuk pada dolar AS.
 
Saat menjadi saksi untuk Nazaruddin pertama kali, Rabu 15 Februari lalu, Angie membantah semua kesaksian dua mantan anak buah Nazaruddin itu. Angie mengaku tidak akrab dengan Rosa dan tidak pernah membahas soal aliran uang tersebut.
 
Majelis Hakim Pengadilan Tipikor yang diketuai Darmawati Ningsih sempat membacakan pesan BBM yang diakui Rosa sebagai komunikasi dirinya dengan Angie. "Tentang pesan Blackberry, bedanya rasa apel Malang tiada duanya? Apakah mengenali BBM ini?" kata Ketua Majelis Hakim Dharmawati. Dengan spontan dan tenang, Angelina menjawab, "Tidak."
 
Dalam sidang, Angie mengaku tidak pernah berkomunikasi menggunakan BlackBerry dengan Rosa. Angie mengaku menggunakan BlackBerry baru akhir 2010. "Saya tidak gunakan BB, Yang Mulia. Saya katakan sesuai BAP (Berita Acara Pemeriksaan) saya, percakapan yang ditujukan kepada saya itu bukan percakapan saya," kata Angie saat bersaksi untuk terdakwa Nazaruddin.
 
Selain itu, Putri Indonesia 2001 itu juga membantah menerima Rp3 miliar dari Rosa. Uang Rp3 miliar itu diistilahkan sebagai 'semangka.' "Tidak pernah," ujar Angie. (ren)

Pasar mobil bekas

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Toyota Fortuner pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2005. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2009.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024