Temuan KPK Soal Penggunaan Dana Haji

Kedatangan gelombang II jamaah haji di Arab Saudi
Sumber :
  • ANTARA/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas mengusulkan agar Kementerian Agama menghentikan sementara pendaftaran haji. Sebab, saat ini Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sudah mencapai Rp38 triliun hingga Rp40 triliun, dengan bunga sebesar Rp1,7 triliun.

Busyro mengatakan, jika pendaftaran haji terus dibuka, jumlah itu akan terus menggelembung. Jika dikelola secara tidak transparan dan akuntabel, akan berpotensi dikorupsi.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

"Temuan kami ada yang tidak digunakan untuk kepentingan jamaah haji," kata Busyro di gedung DPR, Jakarta, Senin 27 Februari 2012. Namun, dia enggan membeberkan temuan tersebut.

Busyro juga mengaku belum mengetahui sampai kapan idealnya moratorium pendaftaran haji itu dihentikan. Penghentian itu, harus dibicarakan lebih dulu. "Sementara belum jelas sampai kapan," ujar dia.

Terkait usul KPK itu, Menteri Agama, Suryadharma Ali sendiri telah menolak usulan KPK untuk memoratorium pendaftaran haji ini. Alasannya, waktu moratorium sulit ditentukan. Selain itu, saat moratorium itu dibuka akan menyebabkan penumpukan pendaftaran jamaah haji.

Terkait penolakan itu, Busyro menyatakan menghormatinya. Namun, kata dia, KPK akan meminta penjelasan dari Kementerian Agama. "Saya hormati, beliau pasti punya alasan atau argumen, mengapa menolak. Argumennya apa, akan kami pelajari," katanya. (adi)

ilustrasi kelopak mata

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Pakai lensa kontak dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna seperti lebih ringan dan jarak pandang lebih luas.  Namun pemilihan lensa kontak yang salah bisa iritasi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024