Railbus Solo Dioperasikan Kembali

Railbus Solo
Railbus Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq Solo

VIVAnews - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan kembali mengoperasikan railbus jurusan Solo-Wonogiri. Railbus yang dinamai Batara Kresna itu, selain digunakan untuk transportasi umum, juga akan berfungsi sebagai kereta wisata.

Persiapan untuk pengoperasian kembali railbus peninggalan Joko Widodo saat menjadi Walikota Solo itu telah dilakukan sebanyak dua kali uji coba dengan melintasi jalur rel Solo-Wonogiri. Uji coba tersebut dilakukan guna mengetahui serta mengecek kekurangan yang ada di sepanjang jalur tersebut.

"Uji coba railbus yang terakhir hari ini dilakukan untuk mengecek berbagai kekurangan seperti di jalur perlintasan, trek, persinyalan dan lainnya. Untuk perlintasan merupakan tanggung jawab pemerintah daerah yang dilintasi railbus," kata Executive Vice President PT KAI Daops VI Yogyakarta, Sunarjo, kepada VIVAnews di Solo, Kamis, 4 Desember 2014.

Pengecekan tersebut, dikatakan dia, merupakan bagian dari persiapan untuk pengoperasian kembali railbus. Pasalnya, persiapan sarana dan prasarana merupakan tanggung jawab pihak PT KAI Daops VI Yogyakarta. Sedangkan untuk peluncuran kembali railbus tersebut merupakan tanggung jawab PT KAI Pusat.

"Kalau untuk jadwal kapan railb‎us akan dirilis itu merupakan keputusan pusat. Pengoperasian railbus itu kelihatannya dalam waktu dekat ini," ujar dia.

Sementara itu, ketika disinggung mengenai harga tiket railbus, Sunarjo belum menyebutkan berapa besaran harganya. Akan tetapi, tiket railbus tersebut diperkirakan harganya sangat terjangkau, mengingat kereta tersebut merupakan kereta perintis.

"Sebagai kereta perintis, pastinya harga tiket akan mendapatkan subsidi yang dominan dari pemerintah. Tapi, berapa harganya, nanti menunggu keputusan dari pusat," ujarnya.

Keberadaan railbus ‎ Batara Kresna, dikatakan Sunarjo, akan menjadi alat transportasi umum bagi warga masyarakat di Solo dan Wonogiri. Bahkan, bagi warga Wonogiri yang akan naik kereta tujuan jarak jauh dari stasiun di Solo akan lebih dimudahkan dengan keberadaan railbus.

"Warga Wonogiri yang ingin berpergian ke luar kota dengan kereta, nanti bisa tinggal naik railbus menuju Solo. Setelah itu langsung melanjutkan naik kereta sesuai kota tujuan dari Solo," katanya.

Selain itu, railbus Batara Kresna juga bisa berfungsi sebagai kereta wisata, mengingat jalurnya melalui daerah persawahan. "Bisa menjadi kereta wisata karena menawarkan pemandangan persawahan. Tak hanya itu, para penumpang railbus juga bisa melanjutkan piknik ke Waduk Gajah Mungkur Wonogiri," ujar dia. (one)

Baca juga:

Saksi Ungkap Cara Praktik Makelar Kasus di Mahkamah Konstitusi