492 TKI Ilegal di Malaysia Dikembalikan ke Daerah Asal

TKI Ilegal Tiba di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Sebanyak 492 Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia, Selasa malam 23 Desember 2014, tiba di Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Pada malam ini dijadwalkan seluruh TKI akan dikembalikan ke daerah asal dengan menggunakan kendaraan yang telah disediakan oleh Kementerian Tenaga Kerja.

"Malam ini juga akan dikirimkan ke daerah asalnya. Untuk TKI yang jauh, misalnya di Sumatera, akan dikirim pakai pesawat besok (Rabu 24 Desember). Sementara yang di Pulau Jawa, sudah kami sediakan bus gratis," ujar Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa malam, 23 Desember 2014.

Pengembalian ke tempat asal itu untuk mempercepat proses pengurusan bagi TKI. Nanti proses verifikasi ulang atau pun pembinaan akan dilimpahkan ke daerah asal TKI.

Pantauan VIVAnews, ratusan TKI ini tiba sekitar pukul 18.30 WIB menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU, dan langsung disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri, Kepala BNP2TKI Nusron Wahid, dan didampingi oleh Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno.

Usai kedatangan, langsung digelar upacara serah terima dari Duta Besar Indonesia untuk Malaysia kepada Menteri Luar Negeri. Untuk selanjutnya, seluruh TKI menjalani pemeriksaan berkas ulang, hingga ke pemeriksaan sejumlah barang bawaan.

Direncanakan, pada Rabu 24 Desember 2014, pemulangan masih akan tetap dilanjutkan bagi 215 TKI yang kini masih tertahan di Imigrasi Malaysia.

Susunan Pemain Indonesia Vs Jepang di Uber Cup, Gregoria Mariska Lawan Akane Yamaguchi

"Rencana awal 494 orang yang akan dikirim pada gelombang pertama. Tapi karena ada dua orang yang sakit, jadi 492 dulu. Besok sisanya. Mudah-mudahan tidak ada kendala," ujar Hanif.

Ilustrasi wilayah kerja migas yang dikelola Energi Mega Persada Tbk.

Kuartal I-2024, Laba Bersih Energi Mega Persada Naik Jadi US$17,6 Juta

PT Energi Mega Persada Tbk (EMP) mencatat laba bersih sebesar US$17,6 juta pada kuartal I-2024.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024