AirNav Indonesia Bantah Terlibat Kasus AirAsia

AirAsia
Sumber :
  • Airbus
VIVAnews
Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya
- AirNav Indonesia membantah mutasi sejumlah pejabatnya karena berkaitan dengan kasus kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

Perusahaan umum lembaga penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan itu beralasan tidak memiliki kewenangan pemberian izin penerbangan pesawat apa pun. Soal mutasi sejumlah pejabat, itu semata untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.
Terungkap Misteri Jatuhnya AirAsia QZ8501


Mantan General Manager ATPM dan ATS (Air Traffic Service), Herman Irsadi, salah satu pejabat yang dimutasi, membantah keterlibatan dia dan beberapa rekan di Airnav terkait penerbitan izin penerbangan. Soalnya AirNav Indonesia tidak memiliki wewenang di bidang perizinan penerbangan.


"Kami hanyalah membuat konsep aliran pergerakan pesawat udara,” katanya di Jakarta, Sabtu, 10 Januari 2015.


Kementerian Perhubungan memutasi sejumlah pejabat AirNav Indonesia terkait dugaan izin siluman rute penerbangan AirAsia QZ8501 dari Surabaya menuju Singapora. AirNav adalah perusahaan pelat merah yang mengelola pelayanan navigasi penerbangan. BUMN itu merupakan peleburan Unit Pelayanan Teknis Direktorat Perhubungan, Angkasa Pura I dan II.


Kementerian Perhubungan masih melakukan proses audit investigasi terkait izin terbang yang dikeluarkan untuk pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura pada Minggu, 28 Desember 2014.


Ada beberapa pegawai Kementerian Perhubungan yang dinonaktifkan karena diduga terlibat mengeluarkan izin terbang pesawat AirAsia yang tidak sesuai jadwal.


Ada dua pejabat yang dinonaktifkan, yakni Kepala Bidang Keamanan dan Kelayakan Angkutan Udara merangkap Unit Kerja Pelaksana Slot Time di Otoritas Bandara Wilayah III, Surabaya, dan Principle Operation Inspector.



Baca berita lain:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya