Sebut Pendukung KPK "Rakyat Tak Jelas", Tedjo Ditegur Jokowi

Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno dan Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo menegur Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Tedjo Edy Purdjiatno atas pernyataan kontroversial yang menyebut pendukung KPK sebagai rakyat tidak jelas.

"Tentu Presiden sudah memberikan suatu nasihat-nasihat," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantornya, Jakarta, Selasa 27 Januari 2015.

Presiden, kata Kalla, meminta Tedjo agar lebih baik dan santun dalam memberikan pernyataan ke publik. Istilah-istilah yang tidak sesuai, kata Kalla, agar tidak dipergunakan lagi.

"Saya juga sudah memberikan pandangan ke Pak Tedjo untuk memakai istilah-istilah yang lebih sesuailah," ujar Kalla.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Menteri Tedjo memang menjadi buah bibir publik dua hari terakhir ini, karena menuding rakyat yang memberikan dukungan kepada KPK, setelah Bambang Widjojanto ditangkap polisi sebagai "rakyat yang tidak jelas".

Sampai-sampai, sejumlah meme bertebaran dan di dunia maya yang menyebut kata "Tedjo" sebagai kata ganti untuk "tidak jelas".

Tedjo juga dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA), Azas Tigor Nainggolan, bersama beberapa advokat. Menteri Tedjo dinilai menghina rakyat Indonesia. (ase)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024