Pemancar ELT Diduga Milik AirAsia QZ8501 Ditemukan

ELT diduga milik AirAsia QZ8507 ditemukan
Sumber :
  • VIVAnews/Rusli Djafar

VIVA.co.id - Misteri mengapa sinyal emergency locatter transmitter (ELT) pesawat AirAsia QZ8501 tidak memancarkan sinyal saat kecelakaan mulai menemukan titik terang.

Setahun Tragedi AirAsia, Keluarga Belum Menerima Santunan

Sebuah benda yang diduga ELT pesawat nahas tersebut ditemukan di perairan Mamuju dalam keadaan off alias mati. Hal tersebut seolah menjawab pertanyaan kenapa hingga ELT pesawat tujuan Surabaya-Singapura tidak memancarkan sinyal saat terjadi benturan dengan air laut di Selat Karimata.

"Kami terima dari nelayan yang menemukan beberapa hari lalu dan dalam keadaan off di perairan Mamuju, Sulawesi Barat," ucap Roki Asikin, Kepala Basarnas Makassar melalui sambungan telepon seluler, Minggu, 8 Februari 2015.

Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya

Untuk diketahui, ELT merupakan bagian penting pesawat. Bagian iniĀ  memancarkan sinyal radio untuk menentukan lokasi pesawat.

Tim Basarnas menduga hal tersebutlah yang membuat ELT tidak memancarkan sinyal saat terjadi kecelakaan. Data dari ELT itu telah dikirim ke pos Basarnas di Pangkalan Bun. Perangkat ELT ini akan segera dikirim ke Basarnas pusat.

Menguak Rekaman Terakhir Jatuhnya AirAsia QZ8501

Laporan: Rusli Djafar (Pare-pare)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya