Kabareskrim: Belum Ada Lagi Pimpinan KPK yang Jadi Tersangka

Kabareskrim Polri Inspektur Jenderal Budi Waseso
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

VIVA.co.id - Tim penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) dari Mabes Polri  terus memproses sederet kasus, yang melibatkan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka yang sampai kini dilaporkan adalah Ketua KPK, Abraham Samad, Wakil Ketua Bambang Widjojanto,  Adnan Pandu Praja, dan Zulkarnaen.

"Semua penyelidikan jalan terus. Tidak ada yang tidak jalan, bila ada kasus yang memenuhi unsur pidana akan jalan terus," kata Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso di kantornya, Kamis 12 Februari 2015.

Tapi, Bareskrim sampai saat ini belum menetapkan tersangka terhadap tiga pimpinan lembaga penegak hukum itu.

"Sejauh ini belum ada pimpinan KPK lain yang dijadikan tersangka. Penyidik masih melakukan pemeriksaan, jadi jangan dipaksakan pasti ada tersangka. Nanti bila mereka menjadi tak pasti, kami lihat pertimbangan hasil penyidiknya," ujar Budi.

Sebelumnya, Bareskrim Mabes Polri telah mengeluarkan surat perintah penyidikan (sprindik) kepada Ketua KPK, Abraham Samad.

"Sprindik sudah keluar. Sudah ada perintah penyidikan, namun belum ada kesimpulan," ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol, Ronny F Sompie.

"Khusus Adnan Pandu dan Zulkarnaen, dalam proses pendalaman terhadap laporan dan alat bukti," tambah Ronny. (ren)

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh
Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024