Putus Regenerasi, Polisi Sasar Kampung Begal di Lampung

Penangkapan penahanan penjahat preman pelaku kejahatan perampokan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Kepolisian Daerah Lampung bekerjasama dengan Polda Metro Jaya, mulai menggelar aksi pembersihan komplotan begal di Lampung. Tim khusus antibegal pun dibentuk, guna menyisir sejumlah daerah yang berpotensi menjadi sarang dari para begal.

Kapolda Lampung, Brigjen Pol Heru Winarko, menuturkan pembentukan tim ini ditujukan untuk melakukan pendeteksian dini, terutama terhadap aktivitas yang mencurigakan.

“Sifatnya sporadis, jika ada target operasi, tim langsung akan menangkap di lokasi kediaman para pelaku begal di Lampung,” ujar Winarko, Jumat 27 Februari 2015. 

Dari penelusuran, di Provinsi Lampung diketahui cukup tumbuh subur sejumlah kampung begal. Beberapa di antaranya, yakni di wilayah Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Baradatu Kabupaten Way Kanan dan Wonosobo Kabupaten Tanggamus, diklaim sudah dieliminir.

Tinggal lagi di beberapa wilayah seperti Desa Jabung dan Melinting di Lampung Timur dan wilayah Abung di Lampung Utara. Sebab itu, kini kepolisian terus menyisir sejumlah wilayah tersebut.

Salah satunya adalah dengan menggelar Rembuk Pekon atau rembuk kampung. “Kami kini berupaya memotong regenerasi begal di Lampung. Bisa jadi para preman itu bakal menjadi begal, jika hasil yang mereka dapatkan dari memalak tidak mencukupi,” kata Heru. (one)

Modus Baru Begal, Pura-pura Tersenggol Motor Korban

Baca juga:



Ibu Rumah Tangga Jual Ribuan 'Pil Setan' ke Begal

Aplikasi Partmaps Diklaim Antibegal

Aplikasi Antibegal Bikinan Mahasiswa ITS

Aplikasi itu dapat dimanfaatkan juga untuk kondisi darurat lain.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016