Puncak KAA, Bandara Halim dan Husein Sastranegara Tutup

Pesawat Kepresidenan RI Yang Baru Tiba di Bandara Halim
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain
- Pengelola bandar udara, PT Angkasa Pura II, akan menutup penerbangan untuk pesawat komersial di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dan Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat pada Jumat, 24 April 2015.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Penutupan tersebut sehubungan akan dioperasikannya kedua bandara internasional tersebut untuk tamu Konferensi Asia Afrika Ke-60 yang akan berangkat dari Jakarta menuju Bandung, Jawa Barat.
Megawati: Perang Tak Selesaikan Masalah Timur Tengah


"Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dan Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung akan praktis tutup 24 April. Tutup hanya pada 24 April. Sedangkan di luar itu tetap buka untuk komersial," kata Direktur Utama Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi, di Halim Perdanakusuma, Minggu 19 April 2015.


Budi mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan jasa pesawat komersial melalui Halim pada 24 April 2015, agar dapat maklum jika terjadi keterlambatan jadwal keberangkatan maupun kedatangan pesawat komersial. Sebab, jadwal penerbangan saat itu berbarengan dengan kegiatan KAA.


"Memang kami memberikan catatan bagi penumpang yang menggunakan pesawat komersial dari Halim itu ada kemungkinan terlambat, karena kami memprioritaskan pesawat-pesawat yang dari tamu KAA," ucapnya


Menurut dia, keterlambatan jadwal penerbangan bisa sekitar 30 menit, satu jam hingga dua jam. "Yang menggunakan Halim harus mempersiapkan diri," tutur Budi.


Meski demikian, Budi akan memberikan pelayanan terbaik terhadap tamu-tamu negara, delegasi Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang akan diselenggarakan 21-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung mendatang.


"Kami berkomunikasi intens dengan koordinator peringatan KAA ke-60, Pak Luhut Panjaitan," kata Budi.


Budi mengatakan, Angkasa Pura II selaku operator bandara akan menggunakan tiga bandara untuk menyambut tamu KTT-AA. Ketiga bandara yang akan digunakan adalah Soekarno-Hatta, Cengkareng, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dan Husein Sastranegara di Bandung Jawa Barat.


"Tiga bandara internasional ini memiliki fungsi-fungsi sendiri di dalam KAA. Halim akan didatangi banyak tamu," ujar Budi.


Menurut Budi, Bandara Halim akan digunakan untuk menyambut kedatangan tamu-tamu negara yang menggunakan pesawat khusus. Tamu yang menggunakan pesawat komersial akan dilayani di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.


"Di Halim tadi malam sudah masuk satu pesawat. Besok akan bergiliran secara bergantian kedatangan pesawatnya," ujar Budi. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya