Upaya Indonesia Tangani Pemanasan Global Dinilai Kurang

Cuaca super panas di Australia
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip
VIVA.co.id -
Belasan Basis Militer AS Bisa Lenyap Akibat Perubahan Iklim
Pemanasan global sudah menjadi salah satu masalah penting bagi dunia. Berbagai upaya serta pencegahan telah dilakukan untuk mencegah dampak yang semakin dirasakan oleh seluruh masyarakat dunia. Namun, permasalah ini ternyata bukanlah masalah baru karena pemanasan global telah diketahui sejak 1980-an.

'Restorasi Gambut di Kawasan Budidaya Perlu Dikaji'

Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Direktur Institut Perancis di Indonesia, Bertrand de Hartingh, mengungkapkan bahwa upaya pencegahan mengenai permasalah ini sudah dilakukan sejak awal diketahui pemanasan global akan menjadi masalah serius ke depannya.
Aplikasi Picture This, Cara Peduli Lingkungan Melalui Foto


"Upaya yang dilakukan selama ini sebenarnya memberikan dampak cukup baik. Saat ini ada kenaikan pemanasan suhu 0,8 derajat celsius, hal ini sudah lebih baik dibandingkan kurva pada tahun 80-an. Jadi memang naik tapi tidak sebanyak prediksi saat itu," kata Bertrand kepada
VIVA.co.id,
Sabtu 6 Juni 2015.


Meskipun demikian, Bertrand mengakui jika langkah itu belum cukup bila melihat semakin buruknya perubahan iklim yang terjadi setiap tahun.


"Walaupun sudah ada hasil, tapi hal tersebut masih kurang. Memang ini sudah baik, tapi ini semua belum cukup. Sehingga upaya yang lebih masih harus tetap dilakukan," ujarnya.


Bantuan Perancis

Pemanasan global di Indonesia sudah menjadi persoalan kronis yang harus segera ditangani. Salah satu buktinya, Indonesia berada di urutan keempat untuk tingkat polusi terburuk di dunia setelah India.


Terhadap kondisi tersebut Prancis sebagai salah satu negara maju berjanji siap membantu Indonesia mengatasi permasalah ini.


Bertrand mengatakan, lembaganya telah menjalin kerjasama dengan Pertamina dan Perusahaan Listrik Negara untuk mengembangkan energi baru. Sehingga, Indonesia mendapatkan solusi mengatasi masalah tersebut.


"Perancis akan membantu Indonesia mengatasi permasalahan ini. Sebagai negara maju, ini adalah tanggung jawab untuk mendampingi Indonesia," kata dia.


Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengirim peneliti Indonesia ke Perancis. Upaya ini dilakukan untuk menemukan solusi yang tepat bagi masyarakat Indonesia.


Selain itu, lanjut Bertrand, tak ada kontradiksi dalam menemukan sumber daya baru dan bersih untuk permasalahan pemanasan global yang saat ini dihadapi oleh seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya