Tiba di Indonesia, TKI Wiji Astutik Dimakamkan Dini Hari

Peti jenazah TKI Wiji Astutik tiba di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Pitaloka
VIVA.co.id
Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan
- Wiji Astutik, 34 tahun, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tewas dibunuh di Hong Kong, akhirnya tiba di Tanah Air dan langsung dimakamkan pada Rabu dini hari, 24 Juni 2015.

Kisah Perjalanan Para TKI Jadi Korban Kerja Paksa di Malaysia

Meski tak diperkenankan menyaksikan jenazah, karena kondisi jasad yang rusak, namun keluarga mengaku ikhlas dan bersyukur, jenazah Wiji bisa dikembalikan.
Sebar Video Majikan Telanjang, TKI di Singapura Dibui 17 Bulan Penjara


"Jenazah disalati lebih dahulu baru kemudian dimakamkan. Kami pasrah apa kata pemerintah dan terima kasih jenazahnya sudah dibawa kemari,” kata Rinda Lestari (24), adik Wiji Astutik.


Jenazah Wiji yang dikemas dalam peti kayu berwarna cokelat itu akhirnya hanya sesaaat disemayamkan di ruang tamu orangtuanya di Dusun Krajan, Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.


“Kami ikhlas, hanya berharap pelakunya ditangkap dan diadili sesuai hukum di sana,” ucap Rinda yang kini sedang mengambil cuti kerja sebagai TKI di Taiwan selama dua minggu untuk ikut mempersiapkan kebutuhan keluarganya dan menyambut jenazah kakaknya tersebut.


Menurut dia, kakaknya hanya meninggalkan wasiat untuk mengurus keluarga dan anak semata wayangnya, Putri Rajayu (11). “Kakak saya tak pernah mengeluh selama hidup, dia hanya titip keluarga. Anaknya sekarang jadi tanggungan saya,” katanya.


Diketahui, suami Wiji Astutik, Supa’at, telah meninggal pada tahun 2014 lalu, tak lama setelah ibu Wiji Astutik, Sumiati, meninggal dunia. Supa’at meninggal karena kecelakaan lalulintas.


Selama di Hong Kong, Rinda menyebut, almarhum sering mengatakan ingin pulang. “Dia kesulitan mengumpulkan uang untuk pulang,” katanya.


Wiji Astutik adalah TKI Hong Kong yang ditemukan tewas terbungkus dalam kasur dan tergeletak di jalan. Saat ini kepolisian Hong Kong sudah menetapkan satu orang tersangka yakni Wahaj Fyaz yang merupakan kekasih Wiji.


Saat ditemukan, kondisi tubuh Wiji mengenaskan. Tubuhnya penuh lebam dan ditemukan bekas luka sayatan benda tajam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya